Rabu, 16 Maret 2016

Kapan Hari Ibu? Ada yang Tahu?

Kapan Hari Ibu

Sebagai seorang anak, kita diberikan hari khusus untuk memperingati hari ibu. Bukan berarti kasih sayang kepada ibu hanya diberikan pada hari itu. Hari ini hanya menjadi sebuah symbol pengingat betapa berjasanya seorang Ibu dalam kehidupan kita. Jadi, hari Ibu adalah peringatan terhadap segala jasa ibu dalam ebuah keluarga. 

Perayaan hari ibu biasanya dirayakan dengan membebastugakan seorang ibi dari tugas sehari-hari. Ya, wajar lah, ibu kita capek kan, sepanjang tahun melakukan pekerjaan rumahtangga seperti, membereskan rumah, memasak, ditambah mencuci pakaian anak-ananknya yang masih kecil, jika kalian punya adik. Atau jangan-jangan kalian masih dicucikan baju oleh Ibu.

Mengapa harus ada hari ibu? Jelas harus! Ibu yang telah melahirkan kita sampai mengorabnkan nyawanya, membesarkan kita, mengurus kita semua. Ahh, pokoknya tidak ada bandingannya deh! Hampir seluruh negara mempunyai hari Ibu, terbukti bahwa setiap manusia memang harus berbalas budi kepada ibunya. 

Kapan hari ibu itu dirayakan, hari ibu di setiap negara berbeda-beda. Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember. Kapan hari ibu dunia? di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada,Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Berbeda ya?

Hari ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada 1953, diresmikan oleh Presiden Soekarno dibawah Dekrit Presiden. No. 316 . Tanggal 22 dipilih untuk meningkatkan semangat wanita Indonesia. 

Sebenarnya hari tersebut dulu diperingati sebagai hari kongres perempuan. Dimana biasanya para wanita bertukar hadiah dan mengadakan perlombaan kebaya. Perayaan pertama dilakukan tanggal 22-25 Desember 1928. Kongres ini diadakan di gedung Dalem Jayadipuran, Yogyakarta. Sampai akhirnya menjadi Hari Ibu Nasional.

Bagaimana teman-teman? Sudah tahu kan kapan hari ibu? Sebaiknya setiap tanggal 22 teman-teman melakukan perayaan kecil-kecilan sekedar member penghargaan bagi ibu. Jika bisa tidak kecil-kecil-an malah lebih baik.