Senin, 14 Maret 2016

Apa itu Kepanjangan ASEAN?

Kepanjangan ASEAN

Sebagai masyarakat Asia Tenggara tentu kita harus tahu sejarah yang ada di wilayah tersebut. Artikel kali ini akan membahas mengenai Association of Southeast Asian Nations kepanjangan dari ASEAN. Wadah atau oraganisasi ini beranggotakan negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Pendirinya 5 negara termasuk Indonesia.

Bagi orang Indonesia kepanjangan ASEAN adalah perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. Anggota ASEAN adalah: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filifina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Kamboja. 

Dari negara-negara tersebut, tidak semuanya masuk sejak awal berdirinya ASEAN, contohnya Brunei Darussalam yang baru bergabung pad atanggal 7 Januari 1984, lalu Vietnam pada 28 Juki 1995, Laos pada 23 Juli 1997, Myanmar, 23 Juli 1997, dan Kamboja pada Desember 1998.

ASEAN dibentuk pada saat 5 Agustus 1967, negara-negara tersebut mengadakanpertemuan yang menghasilkan persetujuan Bangkok tanggal 8 Agustus 1967. 

Pada tahun tersebutlah ASEAN dibentuk. ASEAN terdiri dari tiga pilar: Politik keamanan, Maysyarakat, komunitas ekonomi, dan sosial budaya. Terbentuknya ASEAn dikarenakan negara-negara Asia Tenggara memiliki nasib yang sama, yaitu pernah dijajah, kecuali Thailand.

Adapaun Tujuan ASEAN adalah: 1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial budaya di Asia Tenggara. 2. Memajukan perdamaian dan stabilitas regional. 3. Memajukan kerjasama dan saling membantu  kepentingan bersama dalam bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi.4. Memajukan kerjasama dalam bidang pertanian, industri, perdagangan, pengangkutan, dan komunikasi.5. Memajukan penelitian bersama mengenai masalah-masalah di Asia Tenggara.

ASEAN juga memiliki prinsip-prinsip utama, menghormati kemerdekaan, integritas, kesamaan, identitas nasional setiap negara. 

Menjunjung tinggi hak untuk setiap negara memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan pihak lain. 

Dan tidak mencampuri urusan dalam negara lain. Asean juga menjunjung perdamaian tanpa peperangan sesama anggotanya.

Hubungan Amerika Serikat dan ASEAN telah dijalin dengan baik sejak awal terbentuknya ASEAN. Hingga saat ini hanya timor leste yang belum menjadi anggota ASEAN sementara letak geografisnya ada di wilayah Asia Tenggara. 

Pemerintah Timor Leste mengaku bahwa Timor Leste ada dibagian Asia Pasifik bersama dengan Australia. Namun, kabar menyampaikan bahwa Timor Leste akan segera bergabung dengan ASEAN.