Selasa, 15 Maret 2016

Apa Kepanjangan BPJS?

Kepanjangan BPJS

Banyak dari warga Indonesia yang tidak mengetahui atau  mengenal kepanjangan BPJS. Lembaga ini dibentuk berdasarkan undang-undang Nomor 24 Tahun 2011.  Jika sebelumnya kita mengenal AKSES (Asuransi Kesehatan) dan JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), kini keduanya melebur menjadi BPJS.
Kepanjangan BPJS yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Pesertanya adalah seluruh rakyat Indonesia, termasuk kalian. BPJS sudah beroperasi sejak 1 januari 2014. Bagi orang yang kurang mampu, iuran BPJS dibayarkan oleh pemerintah. Bagi pekerja buruh atau penerima upah dan non penerima upah, dapat mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS.
Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor BPJS atau mengunjungi websitenya. Pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran, lalu membayar premi. 
Kalian akan diberi account virtual atau kode bank untuk membayar premi pertama. Biaya premi untuk perawatan kelas 3 hanya dikenakan biaya Rp. 25.000/bulan, untuk kelas 2, harganya Rp. 42.500 dan kelas 1 biayanya sebesar Rp. 50.000/bulan. Setelah membayar premi, kalian akan mendapat kartu keanggotaan.
Keuntungan mengikuti program BPJS apa sih? Yang pertama adalah murah. Kalian sudah bisa terlindungi dengan puluhan penyakit, rawat inap, pembedahan dan obat-obatan. Kedua, wajib, sesuai dengan undang-undang. Ketiga, boleh mendaftar tanpa medical cek up dan calon anak kalian yang masih didalam janin juga bisa didaftarkan. Terakhir, asuransi seumur hidup.
Nah, sudah jelaskan tentang BPJS? Sebaiknya segera mendaftar untuk menjadi peserta/anggota BPJS. Keuntungannya luar bisa kan? Kalian bisa melindungi diri kalian, meskipun kita tidak tahu kapan kita sakit dan bukan bermaksud mengharapkan suatu penyakit. 
Akan tetapi, kalian dapat berantisipasi dalam keadaan yang tidak diinginkan. Layanan BPJS dapat mempermudah kalian jika kalian dalam keadaan sakit dan membutuhkan uang yang banyak untuk berobat. Dengan BPJS kalian dapat mendapatkan biaya yang murah dengan iuran per bulan yang relatif terjangkau.
Keuntungan lainnya untuk para kalian, BPJS juga dapat mempermudah proses kelahiran anak kalian, dalam artian biaya persalinan bisa menjadi nol alias gratis tanpa dipungut biaya. Segeralah mendaftar BPJS.