Sabtu, 12 Maret 2016

Mau Tahu Apa Itu Kepanjangan COD?

Kepanjangan COD

Dunia bisnis memiliki istilah-istilah yang sanagat banyak. Salah satu yang sering kita jumpai akhir-akhir ini adalah, kata COD. Suatu kali kalian memberi barang secara on line dan penjual menawarkan, "Apakah mau cod-an gan?" 

Kepanjangan COD adalah Cash On Delivery. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'dibayar saat sudah diantarkan' Istilah ini mengalami pergeseran makna, dimana saat ini orang-orang beranggapan bahwa COD adalah ketemuan. Pertemuan antara pembeli dan penjual disuatu tempat dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Arti sesungguhnya dari cash on delivery adalah barang diantarkan kepada pembeli dan pembeli membayar saat barang tersebut sudah ada ditangannya, sebelumnya sudah disepakati harga, kondisi barang, dll. 

Keunggulan sistem ini adalah mengurangi resiko penipuan. Banyak sekali bisnis on line yang bangkkrut karena pembeli adalah seorang penipu atau sebaliknya.

Cash on delivery juga sebenarnya bukan hanya dilakukan bila kedua belah pihak (pembeli dan penjual) bertemu secara langsung. 

Bila barang ditransfer menggunakan kurir dan barang dibayar saat ada ditangan konsumen menggunakan metode transfer digital, kartu kredit, dll tetap saja namanya COD. Karena sistem ini lebih mengedepankan keamanan bagi pihak pembeli/konsumen.

Ketentuan sistem cash on delivery ini memang bersifat regional local: bila pembeli ada di Bandung, maka penjual juga ada di Bandung. 

Sebenarnya sistem ini sekarang lebih dikenal dengan kedua belah pihak saling bertemu disuatu tempat dan melakukan pembayaran secara tunai, itu tidak masalah mengingat keamanan yang terjamin. 

Teman-teman yang memiliki bisnis on line, sebaiknya melakukan metode ini karena tidak membahayakan kedua belah pihak.

Manfaat bagi pembeli dengan sistem ini adalah, pembeli tidak akan merasa tertipu karena pembayarannya dilakukan setelah barang sampai. Pembeli dapat melihat barang dan disesuaikan dengan gambar dan ukuran yang telah dipesan. 

Awalnya, manfaat bagi pedagang/penjual adalah mendapat kepercayaan dari konsumen sehingga ramai pembeli. Tapi, pedagang kini sudah mulai sadar bahwa COD yang sesungguhnya sangatlah beresiko, akhirnya dipilihlah jalan tengan, sehingga pedagang dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi pembayaran. Lebih aman kan?