Sabtu, 12 Maret 2016

Hayo Apa Kepanjangan CS?

Kepanjangan CS

Pasti kalian pernah mendengar singkatan CS. Ada banyak macam CS loh, kepanjangan CS dapat berarti Customer Service, Counter Strike, dan Cum Suis. Nah, yang terakhir, Cum Suis adalah bahasa latin yang biasanya kita gunakan untuk menunjukan bahwa kita memiliki teman dekat yang disebut CS karena saking akrabnya: Umar CS, Goblin CS, dll.

Pada artikel ini kita akan bahas kepanjangan CS yang dimaksud Customer Service. Apa itu Customer service? Dari artinya kita tahu bahwa CS adalah orang/jabatan yang melayani pelanggan. 

Melayani apa? Oke, CS bekerja untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, termasuk keluhan dari pelanggan atau bahkan masalah yang berkaitan dengan produk/jasa yang dipasarkan oleh perusahaan tersebut.

Seorang CS dalam suatu perusahaan harus pandai dalam mencari jalan keluar (Problem Solving). CS adalah orang yang berhadapan langsung dengan pelanggan, nasabah, klien, dll. Para Costumer service umumnya komunikator, karena perusahaan sudah membuat kriteria tersebut sejak mereka mengajukan lamaran pekerjaan.

Sebagai seorang front liner (orang berada di depan/ berhadapan/ berkontak langsung), tentulah jangan sampai memalukan nama perusahaan. Seorang CS akan belajar segala hal mengenai perusahaannya, baik secara histori, produk yang ditawarkan, sistem perusahaan dan profil perusahaannya, saat pertama diterima kerja. Pendalaman pengetahuannya semata-mata untuk melayani pelanggan dengan sempurna.

Syarat menjadi CS pun cukup berat biasanya, haha. Karena dituntut untuk menarik secara fisik dan penampilan, biasanya tinggi badan dan berat badan ditentukan juga. 

Belujm lagi, syarat mental yang harus kuat, sebab akan menghadapi para klien/pelanggan yang terkadang tidak selalu baik. 

Oh hampir lupa, seorang CS tidak boleh emosian atau tempramental, harus dapat mengendalikan diri. Merek atidak boleh terpancing untuk marah, karena akan berbahaya bagi kredibilitas perusahaan.

Setelah mengetahui pekerjaan Customer service, apakah kalian tertarik? JIka kalian tertarik mulailah asah skill di atas dan lakukan lamaran kerja diperusahaan yang membutuhkan Customer service

Tidak semua Customer service berhadapan dengan pelanggan secara tatap muka, ada beberapa yang hanya berkontak lewat pesawat telepon. Namun, tetap saja kriterianya tidak jauh berbeda.