Rabu, 16 Maret 2016

Kepanjangan GPRS Apa Hayo?

Kepanjangan GPRS

Wah, saya jadi teringat ketika masih menggunakan HP zaman dulu yang tentu tidak layar sentuh. Pernah mendengar GPRS? Mari kita bernostalgia dengan GPRS yang sinyalnya sangat berguna untuk browsing zaman dulu dengan kecepatan rendah tapi tetap berguna buat melihat google saat ulangan umum, hhhe.

General Packet Radio Service, adalah kepanjangan dari GPRS. Apa itu? Suatu teknologi yang difungsikan untuk pengiriman dan penerimaan data. GPRS juga memungkinkan kita untuk transfer data email, MMS, wireless Application Protocol (WAP), dan tentu saja World Wide Web (WWW). GPRS adalah system transmisi berbasis paket untuk GSM.

Kemunculannya tidak lebih dulu dari handphone, GPRS adalah perpaduan antara 1G dan 2G. Sampai akhirnya GPRS berkembang terus menjadi 3G dan 4G. Pernah mendengar EDGE? 

Sebenarnya EDGE adalah generasi 2,75G yang diperkenalkan oleh AT&T di Amerika pada tahun 2003.  Entah mengapa generasi selanjutnya tidak menggunakan kepanjangan GPRS I atau GPRS 2, yang jelas setelah EDGE teknologi yang keluar bernama 3G.

3G adalah jaringan yang sering kita gunakan sekarang, terbagi pada GSM dan CDMA. 3G ini yang dikenal dengan mobile broadband, karena keunggulannya sebagai modem. Nah, pasti ini pada gak tahu, sebenarnya setelah 3G ada perkembangan lagi yaitu 3,5G. 

Pengiriman datanya lebih cepat dari 3G yang trasmisi maksimalnya 384kbps, sementara 3,5G dapat mencapai 3,6Mbps. Awal mula layanan video call dapat dijalankan adalah oleh 2 jaringan ini, 3G dan 3,5G.

Ini dia Generasi termuda yang sering menyedot kuota saya sampai habis dengan cepat. Yap, Generasi 4G. Memiliki kecepatan hingga 1Gbps. Sangat cepat bukan? 4G terasa lebih lugas dalam negirim data suara, video call, dan browsing. 

Generasi ini akan mempersempit dunia. Kabarnya tower 4G akan menambah keleluasaan ruang lingkup suatu daerah daripada menancapkan tower yang berbelit dengan kabel optic dimana-dimana. 4G akan menjadi solusi bagi tower-tower yang jumlahnya sudah terlalu banyak.

Demikian artikel ini, jangan lupakan semua generasi jaringan ini berasal dari pengembangan jaringan yang popular setelah 1G dan 2G yaitu: GPRS.