Yuk Simak Kepanjangan HRD

Untuk kalian yang akan melamar pekerjaan disuatu tempat atau perusahaan, pasti kalian akan ditujukan kepada HRD, perusahaan tersebut atau bisa juga dipanggil bagian personalia. Apa sih kepanjangan HRD? disini saya akan membahas tentang kepanjangan HRD dan fungsinya.

Jabatan HRD pada perusahaan adalah jabatan yang sangat penting. Kepanjangannya adalah Human Resources Development (Sumber Daya Manusia), bekerja menangani berbagai hal mengenai lingkup karyawan sampai manager perusahaan. 

Melakukan manajemen mengenai sumber daya manusia untuk perusahaan agar tepat dalam memilih SDM. Menempatkan orang yang tepat pada bidang yang yang tepat, adalah tugas seorang HRD.

Secara luas HRD adalah suatu divisi/departemen pada perusahaan. Jadi biasanya berbentuk tim dan dikepalai oleh satu orang. 

Oleh karenanya, ketika kalian akan melamar pekerjaan, surat lamaran kalian harus ditujukan pada HRD, karena mereka yang mempunyai tanggung jawab dan otoritas penuh pada perekrutan karyawan yang tepat bagi perusahaan (Proses seleksi arsip lamaran, Wawancara kerja, Tes tertulis, Psikotes, dll). 

HRD juga yang nantinya bertanggungjawab membuat pengembangan/ pelatihan untuk meningkatkan kemampuan masing-masing karyawan sesuai bidangnya.

Seorang HRD juga akan menguji kalian bila kalian melamar pekerjaannya di perusahaan tersebut. Mengapa? Karena HRD harus menemukan tenaga kerja dari banyaknya pelamar. Maka ada yang disebut Interview (wawancara), tes tertulis dan psikotes. 

Mereka juga akan mnimbang skill yang dimiliki oleh pelamar untuk memprediksi, apakah kalian akan berkontribusi maksimal nantinya dalam perusahaan? 

Nah, dalam hal kompensasi/gaji, ia juga berperan penting, lewat segala proses seleksi dan mengetahui sejauh mana kemampuan pelamar, ia dapat memperkirakan gaji yang tepat bagi karyawan tersebut dengan segala perhitungannya.

Bagi kalian yang akan melamar pekerjaan, maka tunjukanlah kemampuan kalian di depan divisi HRD yaa. Percayalah mereka orang-orang yang pintar dan terus meng-upgrade kemampuannya sendiri. 

Mereka juga biasanya orang yang memiliki kemampuan sosial yang tinggi. Jika kalian sudah tahu, kriteria seorang HRD, tidak menutup kemungkinan kalian diterima di divisi tersebut. Lakukanlah proses seleksi secara maksimal ya, itu menentukan gaji kalian juga loh!