Sabtu, 12 Maret 2016

Kenali Kepanjangan IMF

Kepanjangan IMF

Di dunia ini ada organisasi yang mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara yang menjadi anggotanya. Organisasi ini terbentuk pada bulan Mei 1946 sebagai upaya rekonstruksi perang Dunia II. 

Berawal ketika PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) menjadi sponsor konfrensi keuangan dan moneter di Bretton WoodsAmerika Serikat tahun 1944, organisasi ini didirikan.

Internasional Monetary Fund adalah kepanjangan IMF yang bahasa Indonesia-nya adalah Dana Moneter. Misinya adalah membantu negara-negara yang mengalami kesulitan dalam bidang ekonomi yang fatal. 

Diikuti hampir semua negara yang memiliki ekonomi pasar. Negara yang ingin melakukan peminjaman harus melakukan beberapa syarat-syarat yang ditentukan. Negara yang tergabung pada tahun 1945 sepakat bahwa untuk menjaga nilai tukar dalam dolar AS.

Pendanaan IMF didapat dari pembayaran iuran dari negara-negara anggota ketika bergabung. Negara membayar 25% dari pembayaran iuran dalam bentuk penarikan khusus. Lalu 75%nya dapat menggunakan mata uang negara pendaftar tersebut.

Terdapat dua aturan IMF untuk meminjam dana menanggulangi ancaman moneter global: General Arrangements to Borrow dan New Arrangements to Borrow, memiliki 45 milyar dolar untuk dipinjam. 

IMF juga menyediakan bantuan teknis dan pelatihan pada empat bidang: 1. Memperkuat sektor moneter , melalui saran pengaturan sistem perbankan, pengawasan, manajemen dan sistem valuta asing. 2. Pembangunan bank sentral. 3. Nasihat administrasi dan bea cukai, rancangan jaringan sosial dan manajemen hutang.  4. Mengelola dan menyusun data statistik keuangan dan pembuatan konsep perundangan ekonomi-keuangan.

Organisasi ini sangat besar pengaruhnya bagi masyarakat dunia. Seiring perkembangan lembaga tersebut disebut sebagai perpanjangan kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Sekian lama diserang oleh kritik pedas sampai kepanjang IMF diserongkan menjadi Institute of Misery and Famine (lembaga kesengsaraan dan kelaparan).

Tahun 2000-an IMF memberi pinjaman kepada Indonesia untuk mendukung reformasi ekonomi. Pinjamannya sebesar 3636 milyar dolar, dan diberikan setengahnya setelah peninjauan kinerja dan pencapai sasaran. 

Ah, andai saja bisa dilakukan peminjaman individu ya, hha. Sejauh ini IMF belum dapat melayani peminjaman individu, jadi kalau butuh uang kita pinjam sama teman atau bank lokal saja, ya.