Kepanjangan KFC

Kepanjangan KFC

Saya yakin kalian pasti tahu singkatan KFC, itu loh tempat amakan ayam goreng yang enak banget. Mungkin sebagian besar sudah tahu apa kepanjangan KFC. Tapi, kayanya ada yang belum tahu nih. 

Kepanjangan KFC adalah Kentucky Friend Chicken. KFC adalah merk dagang di Kentucky, Amerika Serikat. KEmasan kertas karton yang diisi ayam gorengnya itu yang sudah terkenal sejak lama.

Harland Sanders lah dibalik semua ke-lezatan KFC. Harland adalah orang berpengalaman pada segala bidang: peternakan, tentara, pandai besi, pemadam kebakaran, salesman, pekerja bengkel, dan masih banyak lagi. 

Pada tahun 1930 Sanders sempat membuka restoran pertamanya di ruang kecil sebuah tenpat pengisian bensin, di Corbin, KEntucky, Amerika Serikat.

Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890. Harland sudah melakoni berbagai profesi dari mulai petani sampai tentara. Awal mulanya Sanders hanya memasak ayam bagi pelanncong di  Corbin, Kentucky, Amerika. 

Tiba-tiba saja ia menemukan sebelas resep rahasianya itu. Akhirny abeliau mendapat penghargaan dari Gubernur Kentucky, karena sudah memperkaya khazanah kuliner. Usahanya didirikan pada tahun 1964 dan menjualnya kepada para investor. 

Sampai akhirnya beliau meninggal di umur 90 tahun di Kentucky. Pada tahun 1994 KFC telah membuka restoran yang ke sembilan ribu di dunia, tepatnya di Shanghai, China.

Entah mengapa KFC menjadi sangat familiar di telinga. Brand ini juga muncul pada 1991, sebelumnya Sander menggunakan Kentucky Fried Chicken, yang biasa disingkat oleh para pengunjung menjadi hanya 'Kentucky'. 

Namun, manajemen berikutnya menjadikan singkatan KFC. Sebenarnya perusahaan sudah mengubah kepanjangan KFC menjadi "Kitchen Fresh Chicken", namun tetap maysyarakat menganggap bahwa itu adalah "Kentucky Fried Chicken." 

Sebenarnya ada lasan mengapa namanya menjadi disingkat padahal kentucky fried chicken sendiri sudah cukup terkenal? Alasannya adalah kata 'fried' yang berkonotasi negatif, karena makanan yang sifatnya digoreng tidak baik bagi kesehatan. 

Namun para manajer pemasaran sangat jenius mengubahnya menjadi singkatan KFC yang sekarang mudah diucapkan dan membius otak ini.

KFC merupakan ayam goreng paling lezat menurut beberapa survey konsumen di Indonesia. Tidak heran jika keuntungannya mengesankan. Indonesia adalah negara yang paling menguntungkan bagi KFC, karena negara Indonesia adalah negara yang mengonsumsi daging ayam berlebih daripada daging lain.