Sabtu, 12 Maret 2016

Apa Kepanjangan LCD?

Kepanjangan LCD

Apa jadinya jika segala perangkat digital didunia ini tidak memiliki layar untuk meterjemahkan maksud dari mesin baik berupa teks dan angka, bahkan gambar? pasti tidak akan ada fungsinya alat tersebut, calculator, televisi, handphone, komputer, laptop, dan masih banyak lagi.

Tahukan monitor yang digunakan oleh kalian nonton atau menempel diperangkat komputer. Yaps, LCD. Apa Kepanjangan LCD? Kepanjangannya adalah Liqiud Crystal Display

Ini adalah jenis layar datar yang umum digunakan pada perangkat digital, yang ada di jam tangan juga LCD namanya, bukan hanya di komputer. Kristal cair ini memungkinkan menghasilakan cahaya ketika mengalami medan listrik.

Penciptaan LCD didasari dengan alasan yang dapat menghemat banyak ruang karena lebih datar dan slim, mengkonsumsi daya lebih sedikit. Tingakat silau LCD termasuk rendah dan ramah pada mata. LCD memiliki panel warna yang memiliki tiga sel kristal cair pada setiap pixelnya.

Pendahulunya adalah tabung sinar katoda (Cathode Ray Tube atau CRT) ditemukan tahun 1855 Oleh Heinrich Geibler yang akhirnya membuka gerbang pada penemuan LCD pada tahun 1888 oleh Friedrich Reinitzer, seorang Austria. 

Penemu yang dinobatkan penghargaan atas penemuan LCD adalah Gilles de Gennes yang lahir di Paris pada tahun 1932. Gennes mendapatkan penghargaan Fisika pada tahun 1991, yang secara tidak langsung dia adalah "Issac Newton" abad ini.

Sekarang kita sudah punya monitor yang lebih canggih dari LCD, namanya OLED (Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode), penggabungan  dari CRT dan LCD. Layarnya setipis LCD, namun sudut pandang gambarnya selebar CRT, keren kan?

OLED menggunakan fosfor seperti CRT tapi layarnya dapat bersinar tanpa ada cahaya dibelakang layar, maka menguras energinya tidak sebesar CRT. Tidak heran menonton pada layar ini akan sangat fantastik. 

Pertandingan sepak bola dengan lapangan yang luas dapat kita raih dengan mata lewat layar OLED ini. Ketajaman warnanya lebih baik dari LCD. Kira-kira apa ya penemuan selanjutnya? Layar Transparan? hhha, bisa jadi.