Rabu, 25 Juli 2018

Apa Kepanjangan PKK?

Kepanjangan PKK

Kerap sekali kita mendengar istilah PKK, atau Ibu-ibu PKK. Sebenarnya kepanjangan PKK itu apa sih? Sering kita bercanda menanggapi teman-teman yang terkesan sibuk sekali, terus kita sindir, "sibuk amat deh nih, ibu ibu PKK," apakah benar sibuk sekali ibu-ibu PKK itu?

Kepanjangan PKK adalah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, nah itu loh. PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat diawali dari kegiatan seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957. 

Gagasan ini muncul dari Istriati Soenadi. Pada tahun 1957, ia menjabat sebagai istri dari gubernur Jawa Tengah. 

Lalu, terbentuklah 10 segi pokok yang berisi upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan penggeraknya yang dinamakan PKK. AKhirnya ide ini diterapkan diberbagai desa.

Sejak awal pembentukannya PKK ini berfokus pada peningkatan kesejahteraan. PKK sangat sukses di Indonesia. 

Simak juga: Istilah atau Singkatan Sepele yang Sering Muncul di Sosial Media

Kesuksesannya adalah karena meningkatkan peranan wanita dalam masyarakat sehingga telah diakui dari lembaga Internasional seperti: WHO, UNICEF, UNISCO. 

Keberhasilannya tidak lepas dari pengurus dan kader perempuan yang berupaya meningkatkan mental spiritual dan fisik material.

Kegiatan Gerakan PKK menekankan pada prinsip pemberdayan dan partisipasi masyarakat lewat pemberdayaan keluarga. Kegiatan PKK sangat banyak, makanya benar sekali jika ibu-ibu PKK itu sangat sibuk. 

Kegiatan PKK pada bidang pendidikan: Penyelnggaraan PAUD, kegiatan keaksaraan, penyuluhan pendidikan. Dalam bidang ekonomi juga ternyata eksis, seperti program usaha pendapatan, pengembanyan koperasi, penyuluhan tentang menabung. 

Di bidang kesehatan dan KB, pelayanan posyandu, sosialisasi tanaman obat, penyuluhan perilaku hidup bersih, manfaat ber-KB. Sibuk kan? Masih ada lagi, dalam bidang ketahanan pangan dan pengelolaan tata laksana rumah tangga, pembentukan kelompok wanita tani, penyuluhan pemanfaatan lahan pekarangan, kampanye makanan sehat, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? kepanjangan PKK sudah tahu, perannya dimasyarakat juga sudah. Cara-cara yang dilakukan para kader PKK sangatlah mandiri. Pemberdayaan PKK dalam suatu ruang lingkup sosial sangatlah efektif, sehingga masyarakat tidak selalu tergantung pada pemerintah belaka. 

Jadi kalian jika sudah berumah tangga, khususnya wanita, dapat melakukan kegiatan terpuji bagi bangsa dan lingkungan sekitar dengan mengikuti kegiatan PKK ini di tempat tinggal kalian.