Apa itu Kepanjangan SKPD?

Kepanjangan SKPD

Satuan Kerja Perangkat Daerah adalah kepanjangan dari SKPD. Apakah itu? Kalian sudah tahu atau belum tentang SKPD? Akan tetapi, istilah ini memang kurang popular. Sehingga artikel ini akan membahas apa itu SKPD dan kepanjangan SKPD. 

Jika  mencari referensi di google, kalian tidak akan mendapatkan banyak hal mengenai SKPD ini. Karena, SKPD dibebankan langsung kepada Kepala daerah provinsi/kota/kabupaten. Tugas dan misinya juga disesuaikan dengan kebutuhan daerah tertentu.

SKPD adalah perangkat pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota di Indonesia. Pembentukan SKPD sesuai dengan dasar hukun yang berlaku sejak 2004, Pasal 120 UU no.32 tahun 2004. Gubernur dan Bupati tidak termasuk dalam satuan ini, karena berstatus sebagai kepala daerah.

SKPD adalah instansi pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas bidang tugas yang dipikul oleh suatu Badan Layanan Umum (BLU). Bertanggung jawab dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang terdiri atas sekretaris daerah, dinas daerah dan lembaga teknis daerah, kecamatan, polisi dan pamong praja sesuai kebutuhan daerahnya.

Tugas kepala SKPD adalah mengajukan rencana kebutuhan dan pemeliharaan barang milik daerah bagi satuan kerja perangkat yang dipimpimnya. Ketua juga harus melakukan pencatatan dan investarisasi barang milik daerah yang berada dalam penguasaannya. 

Tentu sebagai ketua SKPD, harus melakukan pengawasan dan pengendallian atas penggunaan barang milik daerah penguasaannya. Laporan daerah disusunnya secara berkala (per semester dan per lima tahun).

Visi dan Misi SKPD biasanya sesuai dengan peraturan suatu daerah tertentu. Biasanya tugas pokoknya bergerak dibidang social (Tenaga kerja dan Transmigrasi), Pelaksanaan perumusan perencanaan kebijaksanaan teknis dan pelaksanaan koordinasi pengendalian sosial. Tugas-tugasnya sesuai dengan kebijakan Bupati daerah tertentu.

Demikian artikel mengenai SKPD, semoga dapat dimengerti. Untuk mengetahui program SKPD daerah kalian, kalian bisa mencari referensi di internet tentang prioritas program SKPD di daerah kalian atau mengunjungi website SKPD daerah kalian. 

Nanti kalian akan mengetahui program apa saja yang direalisasikan oleh Satuan kerja perangkat daerah kalian. Tentu, sebagai warga yang baik kita perlu mendukung program-program SKPD dengan mulai mencari tahu programnya.