Sabtu, 12 Maret 2016

Mengenal Kepanjangan SMS

Kepanjangan SMS

Masa sih hari gini gak tahu kepanjangan SMS? Tapi boleh benar juga sih, maklum beberapa tahun ini sms sudah jarang digunakan. Kepanjangan SMS adalah short message service, berasal dari bahasa Inggris.

Sebenarnya yang sekarang kita lakukan di jejaring sosial; Chatting, adalah bagian dari sms juga. Hanya kata ini lebih dulu digunakan sebagai layan surat penyurat melalui ponsel menggunakan pulsa regular, bukan jaringan internet.

Friedhelm Hillebrand. Ia berasal dari Jerman yang lahir pada 1940. Gelar Master of Science di bidang Teknologi Komunikasi dari Techical University of Aachen tak sia-sia. 

Lalu ia bergabung dengan Lembaga AEG Telefunken dan bekerja pada sistem switch komunikasi, lalu bergabung dengan Deutche Bundespost, perusahaan Telekomunikasi tahun 1970.

Friedhelm menjadi ketua pendiri GSM data kelompok yang kemudian disebut WP4. Ia dipercaya bertanggung jawab atas Deutsche Bundespost dan pelaksanaan jaringan D1 GSM di Jerman. Konsep SMS dikerjakan dan dikembangkannya bersama Bernard Gilebaert (Prancis).

'Merry Christmast' menjadi pesan pertama dari sebuah sms yang dikirim oleh Neil Papworth kepada Richard Jarvis pada 1992. Dahulu ponsel purba GSM tidak dilengkapi dengan fitur sms, lebih tepatnya tidak ada keyboard.

Hanya pihak operator yang dapat mengirim pesan melalui PC kepada pelanggan. Sampai akhirnya Nokia menjadi produk pertama sebuah handphone dengan kemampuan kirim pesan teks.

Perkembangan dari SMS sendiri marak pada tahun 2000.  Pada 2006 keuntungan bisnis SMS yang didapat oleh operator GSM di seluruh dunia mencapai 60 milyar dollar Amerika.