Sabtu, 12 Maret 2016

Hayo Apa Kepanjangan SPBU?

Kepanjangan SPBU

Pernah gak sih kalian masuk ke suatu bangunan yang biasanya kalo di indonesia berwana merah putih untuk mengisi bahan bakar kendaraan kita? Pernah doong hhha. Namanya SPBU. 

Di tempat ini kendaraan bermotor dapat memperoleh bahan bakar sesuai dengan kebutuhan. SPBU biasa disebut juga dengan Pom Bensin. Namun kepanjangan dari SPBU adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Stasiun pengisian bahan bakar ini, biasanya menyediakan Bensin (dan variannya), Solar, LPG, Minyak Tanah, dan Oli. SPBU juga ada fasilitas tambahan seperti Mushola dan Toilet umum. 

Oh ya, ada mini market juga, jika SPBU nya besar dan ada di jalur lintas kota, mungkin saja ada restoran dan cafe.

Oh iya, SPBU itu lahirnya setelah ditemukan minyak dan kendaraan berbahan bakar gasoline. Sebelumnya masyarakat Amerika menggunakan kuda, kereta kuda atau bendi. 

Tahun 1907, John Mc Leon mendapat ide cemerlang, dengan memasang tangki berkapasitas besar lalu menyambungkan dengan selang dan memasukannya kedalam gelas ukur untuk menakar harga pada pembeli. Itulah SPBU pertama yang sederhana banget di California, Amerika.

Seiriing berjalan waktu pengunjung sangat senang mengisi di stasiun bahan bakar ini, ditambah peraturan pertamanan di Amerika. Sampai sekarang bahkan di Indonesia sendiri SPBU memiliki falisitas kenyamanan untuk beristirahat bagi pengendara. 

Di Eropa dan Amerika sana, ppengisian bensin dilakukan dengan swalayan dan membayar di loket setelahnya, tidak seperti di Indonesia yang menggunakan petugas di setiap spot mesin pengisian.

Lain hal di Indonesia, Sampai tahun 2005 perusahaan pemerintah, Pertamina adalah satu-satunya yang mendirikan SPBU. Setelah itu barulah ada Shell, perusahaan swasta yang mendirikan SPBU dan disusul oleh Petronas. 

Mendirikan sebuah SPBU bukan tanpa aturan, banyak ketentuan-ketentuan khusus yang harus dipenuhi sebagai syarat kelayakan SPBU itu sendiri. Standar bangunan yang harus disesuakan dengan faktor lingkungan, Teduh, Desain yang dominan, Panduan Mesinnya, Sirkulasi kendaraan masuk dan keluar.

Oke sudah tahukan kepanjangan SPBU itu apa? Selamat bepergian, jangan lupa mengisi bensin yaa..