Sabtu, 12 Maret 2016

Kenali Kepanjangan UNICEF

Kepanjangan UNICEF

UNICEF adalah organisasi PBB yang bergerak di bawah naungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Berdiri tanggal 11 Desember 1946, di New York, Amerika Serikat. Bergerak pada bidang sosial yang berfokus kepada anak-anak. 

Awal pembentukannya pun dimulai ketika perang dunia II berakhir, banyak pihak khawatir dengan keadaan anak-anak di Eropa.

Kepanjangan dari UNICEF adalah United Nations Children's Fund. Sesuai kepanjangan UNICEF, Organisasi ini bertujuan mensejahterakan anak-anak dan kesehatannya. UNICEF juga memajukan pendidikan anak-anak di seluruh dunia untuk mencegah kemiskinan dan diskriminasi. 

Dalam websitenya, www.UNICEF.org dijelaskan bagaimana mereka membantu anak-anak di seluruh dunia, khususnya didaerah bencana dan negara berkembang. Langkah besar UNICEF juga ada pada pencegahan penyakit pada anak-anak (malaria, kolera, campak). Denagn memberikan anak-anak vaksin untuk melawan penyakit-penyakit tersebut.

Ketika membahas anak-anak, pastilah kita harus memperhatikan orangtuanya. UNICEF juga, memperhatikan kesehatan para ibu hamil. Aktivitas sosial dalam menjaga kesehatan dan pendidikan, dilakukan dengan kampanye-kampanye dan seminar, ataupun turun langsung ke lokasi. 

Mereka juga memberantas buta huruf di dunia, yang didominasi oleh kaum wanita. Mengapa lebih berfokus kepada wanita? karena UNICEF percaya, pendidikan dan kesehatan wanita berdampak langsung kepada anak-anak.

DI Indonesia, program UNICEF berjalan berdasarkan perjanjian Pemerintah Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dar 18.000 pulau yang tersebar. 

Kerap masalah geografis menjadi kendala untuk menjamah saudara-saudara yang masih serba kekurangan. Belum lagi, bencana alam yang berdatangan setiap tahun karena letak Indonesia yang berada pada lempek tektonik. 

Tantangan yang nyata dihadapi Indonesia adalah kemiskinan, terorisme, korupsi, dan konflik. Maka, UNICEF pun melakukan gerakan sosialnya di negara Indonesia.

Pada 1948, UNICEF pertama kali membantu Indonesia. Kerja resmi UNICEF dan pemerintah Indonesia ini dilakukan akibat kekeringan di Lombok. Tahun 1962, UNICEF mengadakan program gizi di 100 Desa dari Delapan Provinsi. 

Menteri luar negeri, Adam Malik menandatangani perjanjian kerja sama UNICEF pada November 1966. Sampai sekarang UNICEF Indonesia berfokus pada Pendidikan, kesehatan, perlindungan anak, dan mencegah HIV dan AIDS.