Rabu, 16 Maret 2016

Kepanjangan USB Apa ya?

Kepanjangan USB

Sering sekali kita menggunakan USB, untuk mengcopy data, atau menggunakan modem ke perangkat computer, memasang joystick, dll. Tapi apakah ada diantara kalian yang belum nengetahui kepanjangan USB? Tentu, sudah tidak asing lagi. Tapi, artikel kali ini akan memberikan pemahaman bagi yang belum mengetahuinya.

Universal Serial Bus adalah kepanjangan dari USB. Alat ini adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung (computer, konsol permainan, ponsel). Sistem USB seperti kita ketahui berbentuk pohon yang terdiri dari pengontrol host, pernah liat kan lambangnya? 

Desain tersebut ditujukan untuk menghilangkan perlunya expansion card ke komputer. Ketika USB dipasang ia langsung dikenali oleh system dan memproses driver. Bahkan hardware computer seperti keyboard, mouse, printer, hard disk, kini menggunakan USB.

Sejarah USB berawal pada tahun 1996. Versinya yang pertama 1.0, diciptakan oleh Intel, Compaq, dan IBM. Kecepatannya ada dikisaran 1,5 Mbit/second. Setelah itu muncul versi 2.0 yang menggunakan standar dari USB-IF (Implementers Forum) pada tahun 2001. 

Kemampuan transfer ratenya mencapai 12Mbit/s. Pada September 2007, diperkenalkanlah USB 3.0. Data transfer ratenya 10 kali lipat dari versi 2.0. Kelebihan versi 3.0 adalah: Tidak membutuhkan daya tambahan untuk penggunaannya, suplay daya mencapai 900 mA.

Ternyata ada yang lebih unggul dari versi 3.0 yang sering kita gunakan. Padahal 3.0 sudah cukup canggih, malah bisa mentrasfer daya listrik. Contohnya ketika kalian men-charge hp kalian ke computer. 

Yang lebih canggih dari versi 3.0 ini adalah FireWire. Bagaimana tidak, kecepatan FireWire bisa mencapai 800/Mbit/s. Maka, sekarang banyak orang menggunakan FireWire ini untuk memindahkan data besar. Seperti USB, FireWire compatible dengan Windows dan berjalan mulus tanpa ada instalasi driver.

Nah, bagaimana? Masih menggunakan USB versi 2.0? segera ganti ke versi  paling akhir dan mutakhir dong. Sebenarnya versi 3.0 sudah cukup maksimal dari serge transfer rate dan harga. 

Karena harga FireWire bisa dikatakan masih mahal dan bentuknya pun berbeda dengan USB. Akan tetapi, jika kalian memang memiliki pekerjaan dibidang multimedia, sebaiknya menggunakan FireWire untuk mentrasfer data kalian, agar lebih cepat dan mempersingat waktu tentunya.