Sabtu, 12 Maret 2016

Mengenal Kepanjangan WHO

Kepanjangan WHO

Seorang pejuang kebebasan Jawarharlal Nehru (asal India) sudah menyuarakan pendapatnya untuk memulai WHO pada 1946. Organisasi Kesehatan Dunia yang dalam bahasa Inggris disingkat menjadi WHO didirikan pada 7 April 1948 (Hari kesehatan dunia). 

Kepanjangan WHO adalah World Health Organization. Tujuan didirikannya WHO adalah supaya semua orang di dunia mencapai tingkat kesehatan tertinggi. WHO juga memiliki tugas membasmi penyakit. 

WHO adalah badan asli milik PBB. Selain kerja lapangan untuk membasmi penyakit, terutama penyakit menular (Sars, Malaria, Flu babi, dan AIDS), WHO juga melakukan penelitian mengenai penyakit guna mempelajarinya. 

Menurut WHO kesehatan bukan saja hanya tidak memiliki penyakit fisik tetapi mental dan eosial. Maka PBB mengupayakan peningkatan gizi dan kesehatan mental bagi masyarakat Dunia. Program tersebut didukung oleh kampanye-kampaye kesehatan yang dilaksanakan oleh WHO.

Pada 1980, WHO menyatakan musnahnya penyakit cacar. Penyakit pertama yang dimusnahkan dengan usaha manusia. Untuk selanjutnya akan memusnahkan polio. Organisasi ini juga aktif turun langsung ke daerah pengungsian dan bencana, perang, dll untuk mengontrol kesehatan.

WHO adalah organisasi yang memiliki sistem pelaporan penyakit paling lengkap loh, karena berbagai organisasi non-pemerintahan serta instansi pemerintah ikut bekerja sama menjalin kerja sama dengan WHO.

Pemerintah Indonesia juga bekerjasama dengan World Health Organization (WHO). Negara kita adalah salahsatu dari anggota PBB dan kondisi kesehatan di Indonesia sendiri masih belum bisa dikatakan baik. 

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi manusia, terutama bagi negara. WHO juga pernah membantu Indonesia mengatasi maraknya obat-obatan palsu. 

Sejauh ini, WHO banyak melakukan penelitian di Indonesia untuk membuat data dan laporan kepada pemerintah Indonesia. 

Selanjutnya pemerintah Indonesialah yang memiliki wewenang dan mengeluarkan kebijakan perihal data yang diperoleh dari WHO.

Organisasi kesehatan non-pemerintahan yang bergerak dalam bidang kesehatanpun sudah mulai bermunculan di Indonesia. Kita pernah mendengar Rumah sakit apung Dr. Lie Dharmawan? 

Organisasi tersebut yang menamakan diri sebagai doctorSHARE telah banyak melakukan pelayanan medis ke pelosok-pelosok Indonesia. Organisasi ini bisa menjadi contoh betapa pedulinya juga masyarakat Indonesia akan kesehatnan negaranya.