Selasa, 15 Maret 2016

Apa itu Kepanjangan WWW?

Kepanjangan WWW

Bolehkah saya memiliki keyakinan atau menyimpulkan sendiri perasaan kalian? Boleh, oke terimakasih. Saya ingin menyimpulkan bahwa kalian sangat ingin tahu kepanjangan www, saat pertama kali mengenal internet. 

Pasti sekali! Memang ada yang langsung mencari di search enginge, ada juga yang bertanya kepada orang lain. Akan tetapi pasti masih ada juga yang belum tahu hingga saaat ini.

Kepanjagan www sendiri selalu klaian tulis, walaupun bisa mengetik "google.com atau facebook.com", tapi tetap saja www itu muncul dengan sendirinya. Apa sih itu? hahha. 

Pengertiannya adalah, www suatu ruang informasi yang dipakai pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna, disebut Uniform Resource Idetifier (URI). Kepanjangan www adalah world wide web, tentu artinya dalam bahasa Indonesia adalah 'Jaringan dunia raya'.

Sejarahnya berasal dari suatu program yang ditemukan Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Berners membuat cara untuk menyusun arsip-arsipnya dengan peranti lunak yang bernama equire, hasil buatannya sendiri. 

Tujuannya sederhana sekali, hanya ingin membuat arsip-arsip risetnya tertata dengan rapi dan mudah dikontrol. Dari sinilah dasar dikembangkannya equire di pusat penelitian fisika (CERN), Jenewa, Swiss.

Pada musim panas 1991, www sudah resmi digunakan pada jaringan internet dunia. Fungsi www sendiri adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. World wide web, merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web yang tersebar di seluruh dunia. 

Di Indonesia juga ada server internetnya. Dokumen-dokumen disimpan dengan format HTML (Hypertext Markup Language) . Dan untuk mengaksesnya kita memerlukan web browser (mesin pencari).

Saat ini ada banyak sekali web browser yang tersedia. Tiap-tiap web browser digunakan oleh para pengguna internet tergantung ketertarikannya dan kenyamanannya. Namun yang sering orang Indonesia gunakan adalah web browser Mozilla Firefox sedangkan masyarakat dunia lebih banyak yang menggunakan Google Chrome.

Kembali saya berasumsi bahwa kalian sudah mengetahuinya. Tapi mungkin ada beberapa orang yang belum tahu kepanjangan www, maka artikel ini dibuat. Semoga artikel ini dapat mencerahkan ketersesatan anda di alam ilmu pengetahuan, terimakasih.