Selasa, 15 Maret 2016

PELNI singkatan dari Apa Hayo??

PELNI singkatan dari

Sebagian dari kita pasti jarang mendengar akronim PELNI. Apa sih PELNI? PELNI singkatan dari Pelayaran Nasional Indonesia. PELNI mengoperasikan sejumlah kapal penumpang dan 4 unit kapal barang. Kapal-kapal tersebut memiliki rute tetap yang menyinggahi 91 pelabuhan di Indonesia.

Awalnya PELNI bernama Yayasan Penguasaan Pusat Kapal-kapal (PEPUSKA) yang berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum, Pada September 1950.  

Pada masa Belanda ada yang dinamakan Koninkklijke Paketvaart Maatschappi (KMP) sebagai maskapai pelayaran Belanda yang beroperasi di perairan Indonesia.

Pada saat itu PEPUSTA harus bersaing dengan KMP yang menolak keberaannya. Armada KPM lebiih banyak dibandingkan PEPUSTA yang hanya memiliki 8 unit kapal. Akhirnya PEPUSTA dibubarkan pada tahun 1952. 

Didirikanlah PT. PELNI seiring SK (Surat Keputusan) Menteri Perhubungan tanggal 28 Februari 1952 dan 19 April 1952. Ma’moen Soemadipraja menjadi Presiden direktur PELNI yang pertama.

Akhirnya PELNI mencarter kapal-kapal asing untuk mengisi trayek yang ditinggalkan KPM, armada PELNI pun bertambah jumlahnya dengan kapal-kapal rampasan Jepang. Hingga pada tahun 1961, status PELNI menjadi perusahaan negara dan diubah kembali pada tahun 1975 menjadi perseroan terbatas.

Oh ya, PT.PELNI dan Garuda Indonesia bekerjasama membuat paket wisata juga,loh. Paket wisata kompllit ini, menjelajahi kepulauan Karimunjawa yang berada di wilayah Jawa Tengah. 

Paket wisata ini bernama ‘Let’s Go Karimunjawa’ yang sudah bias dinikmati sejak tanggal 6 Januari 2016. Pelayanannya dibuka setiap dua minggu sekali. Bagi kalian yang ingin menjelajahi kepulauan Karimunjawa, ini lah saaatnya.

Kini PT.PELNI mengoperasikan 46 trayek pelayaran keperintisan penumpang.  Hal ini adalah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2/2016 dan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) nomor  6/2016. 

Presiden sudah menginstruksikan kepada sekitar 26 Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) untuk mengadakan kontrak dengan PT.PELNI.

Sudah tahukan apa itu PELNI. PELNI singkatan dari Pelayaran Nasional Indonesia, jangan bingung lagi bagi yang belom tahu, hhha. Emoga artikel ini bermanfaat dan berguna ya.