Sabtu, 12 Maret 2016

Siapa Presiden Indonesia?

Siapa Presiden Indonesia?

Kalau ditanya siapa Presiden Indonesia? Apa yang akan kalian jawab? Apakah kalian akan menjawab singkat dengan satu nama presiden yang sedang menjabat sekarang? atau menyebutkannya satu persatu sejak Indonesia merdeka dimulai dari presiden pertama.

Tapi, apakah kalian hafal? Atau sudah lupa? Santai saja karena se.amatir.men akan menjawabnya. Malu bertanya hal-hal sepele? Klik aja sepele.

Kita kenali dulu siapa Presiden Indonesia beserta pengertiannya. Presiden adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan yang dibentuk oleh BPUPKI ( badan penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tahun 1945.

18 Agustus 1945, PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) memilih Soekarno sebagai Presiden Indonesia. Dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat, baru pada 2004 presiden dipilih langsung oleh rakyat dan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Pemilu di Indonesia telah dilakukan sebanyak 11 kali: 1955, 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, 1997,  1999, 2004, 2009 dan terakhir 2014.

Presiden pertama adalah Ir. Soekarno. Bung Karno, lahir di Blitar, 6 Juni 1901. Meninggal di Jakarta 21 Juni 1970. Berasal dari keluarga darah biru, Ayahnya Raden Soekemi Sosrodiharjo dan Ibunda Ida Ayu Nyoman Rai.

Soekarno mempunyai tiga istri dan delapan orang anak. Pernah diasingkan di Ende, Flores dan Bengkulu akibat memberontakan terhadap Belanda melalui pendirian sebuah Partai Nasional Indonesia (PNI). Perjuangannya membawa Soekarno menjadi Presiden pertama bersama wakilnya Bung Hatta.

Yang kedua berasal dari Kemusuk, Yogyakarta yang lahir pada 8 Juni 1921. Berbeda dengan Soekarno, Ayahanda Presiden Soeharto hanya seorang petani pembantu lurah dan ibunya bernama Sukirah.

Memulai karir sebagai prajurit di Sekolah Bintara, Gombong, Jawa Tengah. Resmi menjadi anggota TNI pada tahun 1945. Karir militer dan politiknya terus menanjak sampai akhirnya menjadi presiden kedua Republik Indonesia.

Maret 1968 dikukuhkan menjadi presiden kedua dan menjabat lebih dari tiga dasawarsa. Enam kali pemilu memilihnya berturut-turut sampai mengundurkan diri pada 21 Mei 1998.

Siapa yang tidak mengenal presiden ketiga, yang kisah cintanya ia abadikan menjadi sebuah buku dan difilmkan. Yah, Bacharuddin Jusuf Habibie. Lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936.

Anak ke-empat dari delapan bersaudara. Menikah dengan Hasri ainun Habibie, yang kisah cintanya begitu melegenda. Lulusan ITB dan mendapat gelar Diploma dari Technishe Hochschule tahun 1960 sampai mendapat gelar Doktor di Jerman.

Langkahnya pada ilmu pengetahuan dan teknologi diaplikasikan lewat proyek pembuatan pesawat terbang: VTOL (Vertical Take Off & Landing ). Hansa Jet 320, Airbus A-300 dan masih banyak lagi. Disumpah menjadi Presiden RI, sampai akhirnya lengser.

Gus Dur sapaannya mengalahkan nama aslinya Abdurrahman Wahid. Bersala dari keluarga bangsawan, anak dari K.H. Wahid Hasyim. Kakek Gus Dur adalah pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Organisasi massa Islam terbesar di Indonesia.

Gus Dur adalah cucu dari dua Ulama NU dan tokoh besar Indonesia. Ayahnya adalah Menteri agama pertama, sehingga keluarga Wahid Hasyim pindah ke Jakarta.

Pengalaman Gus Dur secara tidak langsung maupun langsung diperkenalkan dengan dunia politik lewat obrolan ayahnya bersama kolega-koleganya. Gus Dur memiliki kegemaran membaca. Ilmu pengetahuannya meningkat lewat semangat membaca segala bentuk karya tulis.

Presiden kelima Indonesia adalah putri dari presen pertama: Ir. Soekarno. Lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. Nama lengkap megawati adalah Dyah Permata Megawati Soekarnoputri.

Partai Demokrasi Indonesia menempatkannya sebagai calon legislatif dari Jawa Tengah. Sampai ke puncak menggantikan Abdurrahman Wahid, sebagai Presiden RI.

Presiden keenam kita adalah presiden yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Susilo Bambang Yudhoyono adalah lulusan terbaik AKABRI tahun 1973. Akrab disapa SBY, lahir di Pacitan, Jawa Timur 9 September 1949.

Istrinya Kristiani Herawati adalah putri ketiga dari almarhum Jendral Sarwo Edhi Wibowo. Darah prajurit menurun dari Ayahanda SBY, R. Soekotjo. Terbukti dengan meraih penghargaan lencana Adhi Makasaya.

Karir militernya dilanjutkan ke negeri Paman Sam (Amerika Serikat). Meraih honor graduate, Jungle Warfare Training in Panama, Anti Tank Weapon in Belgium and Germany.

Dan inilah Presiden kita yang sedang menjabat, Bapak Joko Widodo. Lahir pada 21 Juni 1961 di kota Solo. Kerja kerasnya membuat dia bangkit dari keluarga sederhana.

Lulusan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Pada 2005 menjadi Walikota Solo dan berhasil meraih gelar walikota terbaik ke-3 di dunia. Dan pada 2012 menjadi Gubernur Jakarta. Sekarang berhasil meraih jabatan Presiden Indonesia ke-7 dengan popularitas gaya blusukannya.