Senin, 14 Maret 2016

Siapa saja Tokoh Pendiri Asean?

Tokoh Pendiri Asean

Pendirian ASEAN diprakarsai oleh lima orang dari anggota negara ASEAN tersebut. Mereka menandatangani persetujuan Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967. H. Adam Malik, Menteri Luar Negeri Negara Indonesia, Tun Abdul Razak, Menteri Luar Negeri Negara Malaysia, S. Rajaratman, Menteri Luar Negeri Negara Singapura, Narsisco Ramos, Menteri Luar Negeri Negara Filipina, dan Thanat Khoman, Menteri Luar Negeri Negara Thailand. Kali ini kita akan membahas tokoh pendiri ASEAN dari Indonesia, yaitu H. Adam Malik.

Adam Malik adalah seorang menteri luar negeri Indonesia yang dilahirkan di Pematang Siantar, Sumatra Utara pada 22 Juli 1917. Setelah dari sekolah (HIS), Ayahnya memerintahkan Adam Malik untuk memimpin sebuah toko, diseberang bioskop Deli. Pada usia 17 tahun, Adam Malik sudah menjadi ketua Partindo di Pematang Siantar (1934-1935).

Karir Adam Malik dimulai sebagai wartawan yang beliau pelajari secara otodidak. Pendirian kantor berita Antara bersama Mr. Soemanang membawa Adama malik menjadi Redaktur sekaligus wakil direktur. Modalnya hanya satu meja dan mesin tik, mereka menyuplai berita ke berbagai surat kabar berita nasional.

Pada akhir tahun 1950, Adam malik masuk ke pemerintahan menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh untuk Polandia dan Uni Soviet.  

Sebagai menlu dalam pemerintahan Orde Baru, Adam Malik memiliki peran yang cukup penting dalam banyanya perundingan dengan negara lain. Bersama menteri luar negera negara-negara Aisa Tenggara, Adam mempelopori terbentuknya ASEAN tahun 1967. 

Bahkan, Adam Malik pernah dipercaya memimpin sidang lembaga tertinggi badan dunia (PBB) ke 26 di New York.  Adam Malik adalah seorang Dilomat, birokrat dan wartawan yang selalu memiliki jawaban atas semua pertanyaan.

Adam malik meninggal di Bandung pada tanggal 5 September 1984 karena kanker. Kemudian sanak familinya mengabadikan namanya dan membuat museum Adam Malik.

Demikian artikel mengenai salah satu tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari Indonesia. Masih ada empat orang lain yang menjadi tokoh pendiri ASEAN, dan itulah yang harus kalian cari demi melengkapi pengetahuan mengenai sejarah ASEAh pendiri ASEAN yang berasal dari Indonesia. 

Masih ada empat orang lain yang menjadi tokoh pendiri ASEAN, dan itulah yang harus kalian cari demi melengkapi pengetahuan mengenai sejarah ASEAN.