Selasa, 31 Mei 2016

Apa itu Hak?

Apa itu Hak?

Hay, semuanya, apa kabar? Aku punya pertanyaan nih. Pertanyaan ini terinspirasi dari kisah Bu Maimunah. Tadi siang Bu Maimunah menangis. Entah apa penyebabkan, beliau menangis tersedu – sedu. Kemudian, aku beranikan diri untuk mendekatinya. Bukan sok pahlawan sih, aku hanya merasa ibu.

Ibu itu bercerita kalau beliau menangis, karena tidak bisa memperjuangkan hak anaknya untuk sekolah. Ibu itu sudah mengatakan keterbatasan ekonomi yang dialami ke gurunya. Namun, sayang, perjuangan ibu itu agar anaknya tetap mendapat hak untuk sekolah, hanyalah tinggal  angan – angan.

Dari kisah itu aku berpikir satu hal “Apa itu hak?”. Mengapa Bu Maimunah menamakan itu hak. Aku terus kepikiran kata – kata itu. Sampai akhirnya, ada buku yang jatuh dari atas lemari. Disitu ada tulisan “Apa itu hak?” (mungkin itu petunjuk dari Tuhan, agar aku bisa memberi tahu diriku dan kalian semua, tentang “Apa itu hak”).

Hak adalah sesuatu yang harus didapatkan oleh seseorang, sejak sebelum lahir. Wow! Kalau mendengar pengertian itu rasanya jadi merinding bulu kudukku. HARUS. Itu yang aku garis bawahi.

Kamu tahu sendirikan, kalau sudah ada kata “harus” itu, sudah berarti tidak dapat ditawarkan. Bukan hanya tidak bisa ditawarkan, tapi juga tidak bisa ditolak. Ck..ck..ck...lalu aku baru menyadari, mengapa kita diminta untuk memperjuangkan hak kita.

Yaeyalah, gimana tidak diperjuangkan, hak itu harus kita peroleh, bahkan sebelum kita lahir, harus diperoleh. Contohnya pendidikan. Itu lah mengapa bu Maimunah memperjuangkan hak anaknya untuk sekolah. 

Karena pendidikan merupakan keharusan yang diperoleh anak. Tanpa pendidikan, kan kita tidak bisa membaca. Tanpa pendidikan, kita tidak akan menjadi orang hebat yang diperhitungkan oleh khalayak. Jadi wajar kan, jika pendidikan merupakan hak.

Itulah sebabnya, kita tidak diperbolehkan merebut hak milik orang lain. karena bagaimanapun juga, mereka juga manusia yang berhak, setidaknya untuk memperoleh hidup yang layak. Ya semoga saja pengertian tentang “Apa itu hak?” mampu membuka pikiran kita untuk memberikan hak – hak pada orang lain yang berhak.