Apa itu Program?

Apa itu Program?

Hay gays, aku punya cerita nih, sekaligus pertanyaan. Bingung tak? Ada info, tapi info itu juga jadi pertanyaan. Okay, begini cerita panjang dan lebarnya. Tadi ketika di jalan, aku melihat ada baliho besar sekali. 

Dalam baliho itu ada tulisan begini, “Program Studi Bahasa Indonesia, Program Studi Matematika, Program Studi Kimia, dan lain – lain”. Yang membuatku bertanya – tanya itu begini gays. Kan di sebelum nama mata pelajaran (bahasa Indonesia, Kimia, Matematika) ada kata program dan studi.

Kalau dipikir – pikir, menggunakan kata studi saja kan, sebenarnya sudah cukup. Karena kata  studi itu kan menunjukkan arti belajar. Terus, kenapa masih pakai program? Nah, itu yang membuatku bertanya – tanya tentang “Apa itu Program?”. 

Saking bingungnya dengan pertanyaan “Apa itu program?”, akhirnya aku memberanikan diri untuk mencari tahu tentang arti “Apa itu Program?”. Awalnya sih agak deg – deg an gitu, pada waktu mau baca buku, maklum takut di katakan kepo.

Tapi apa boleh buat. Kalau tidak berbuat, aku pasti terus bertanya. Ternyata, berdasarkan hasil penelusuranku, program adalah...

Serangkaian kegiatan yang memiliki tujuan, itu artinya program secara garis besar. Kalau secara garis kecil begini. Kan ada pernyataan serangkaian kegiatan. 

Baca juga: APA ITU UNDANG – UNDANG?

Itu artinya ada kegiatan – kegiatan tertentu yang telah disusun sedemikian rupa untuk menjadi suatu rangkaian. Nah, kalau arti itu dihubungkan dengan kata program yang ada di baliho itu.

Maka jadinya begini, kita ambil contoh satu nih, misalkan program studi bahasa indonesia. Dalam program studi bahasa itu pasti kan terdapat ketua program, beserta jajarannya. 

Kemudian ketua program pasti memiliki kegiatan tertentu yang bertujuan untuk memajukan programnya sehingga memiliki akreditas A (merujuk dari kata tujuan dalam definisi program).

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh program studi bahasa itu, contohnya menyusun kurikulum, menyusun silabus, kemudian menjabarkan silabus ke dalam satuan acara perkuliahan. 

Nah kegiatan menyusun kurikulum, silbaus, dan satuan acara perkuliahan ini kan jika disatukan tujuannya untuk membentuk suatu mata kuliah bagi mahasiswanya. 

Yang nanti, hasil akhirnya dapat  menghasilkan lulusan yang berkompeten dan program tersebut juga mendapat penghargaan, sehingga bisa menjadi terakreditas A.

Begitulaharti dari program, gays. Mereka punya kegiatan, mereka juga punya tujuan yang ingin dicapai. Sudah paham?