Jumat, 27 Mei 2016

Apa itu Software?

Apa itu Software?

Salam berbahagia, teman. Malam ini, aku ingin menceritakan tentang perangkat yang tidak keras, namun penting sih. Perangkat ini sudah biasa kamu gunakan. Mungkin juga pernah kamu sebutkan. Selain itu, perangkat ini bisa kamu temukan di komputermu, laptopmu juga punya. Apakah itu? Perangkat lunakkk.

Penasarankan dengan yang namanya perangkat lunak. Perangkat lunak itu kalau di luar negeri, bukan itu namanya. Mereka biasanya menyebutkannya dengan software gitu. 

Maklum bahasa inggrisnya perangkat lunak kan software. Nah, karena aku juga harus kekinian, maka aku juga akan menggunakan nama software. Siapa tahu ada bule lewat, terus baca ini.

Tidak bisa dibayangkan saja, kalau mereka baca info ini. Tapi judulnya apa itu perangkat lunak? Pasti mereka akan bertanya – tanya, “perangkat lunak??”. Tidak enak kan dengarnya, kurang gaul gitu. 

Yah, sekalipun dalam bahasa Indonesia, software itu berarti perangkat lunak. Tapi karena aku harus menunjukkan eksistensi dari sebuah judul, maka judulnya itu “Apa itu software?”

Software adalah...
Software kalau diartikan secara panjang, artinya tidak cuma sekedar perangkat lunak. Jadi gini teman. Konon, menurut cerita yang sedang beredar dan berkembang dikalangan ilmuwan dan ilmuwati bidang IT. Software itu merupakan sekumpulan perintah yang ada di komputer untuk menjalankan tugasnya.

Bingung kan? Bagaimana bisa komputer diperintah? Secara, dia kan robot. Okay, begini, misalkan kamu ingin membuka laptopmu, disitu muncul kata windows 7. Nah windows 7 itu dinamakan sebagai software untuk mengoperasikan komputer atau laptopmu.

Coba, misalkan komputermu itu tidak kamu kasih windows 7 untuk menjalankan sistemnya. Pastinya kan, komputermu cuma sekedar mesin yang tak berarti dan tak bermakna. Maka dikasihlah windows 7 itu. Jadi windows 7 itu sebagai salah satu bentuk dari software.

Mengapa dinamakan software? Coba deh kamu pegang, apakah windows 7 itu bisa kamu pegang? Pastinya kan tidak bisa. Karena dia bukan hardware yang bisa dipegang – pegang. 

Bisa – bisa kamu disangka aneh, kalau ingin megang di windows 7 itu. Nah, sekalipun windows 7 itu tidak bisa dipegang, dia kan bisa dijalankan. Itulah mengapa dia namanya software.


Sudah pahamkan Apa itu Software?