Rabu, 25 Mei 2016

Apa Itu Tuna Daksa?

Apa Itu Tuna Daksa

Hai, apa kabar sobat? Di hari yang cerah ini aku punya sebuah info menarik untukmu nih. Sebenarnya sih, kamu pasti pernah dengar kata itu. Mungkin juga pernah lihat, entah di jalan, di rumah, di sekolah, di kantor gitu lah pokoknya. Itu tuh tentang “apa itu tuna daksa?” nah loe pasti ingat kan.

But don’t worry be angry. Eits..maksud ane jangan khawatir gitu. Ane mau jelasin sedikit kok, tidak perlu panjang kali lebar kali tinggi. Wah, kok jadi matematika ya. Kembali ke pembicaraan semula tentang “apa itu tuna daksa?”.

Tuna daksa ialah...
Tuna itu kurang, sedangkan daksa itu tubuh. Nah jika kedua kata itu digabung menjadi kurang tubuh. Pasti bingung ya, kalau kata itu ditelan mentah – mentah tanpa dimasak.
Kurang tubuh itu artinya tidak memiliki bagian tubuh yang lengkap, begitu.

Siapakah yang tubuhnya tidak lengkap? Tentu saja human atau manusia. Apabila kedua penjelasan itu dihubungkan, jadi begini tuna daksa ialah orang yang memiliki tubuh yang tidak lengkap alias cacat.

Cacatnya itu ditubuh, ingat itu! Bukan pada inderanya, tapi TUBUH. Tuh udah tak tulis besar banget. Cacatnya itu bisa sejak lahir, bisa juga karena kecelakaan, atau mungkin karena faktor lain, misalkan penyakit. Eee...kalau penyakit itu, kaya sakit gula. Biasanya orang sakit gula yang udah parah itu kan, harus dipotong nih bagian tubuhnya. Tubuh yang tidak sempurna itu lah yang menjadikan dia dinamakan tuna daksa.

Ada lagi tuh, cacat ortopedic. Hmm..bahasanya tinggi amat yaa. Itu cacat berkaitan dengan otot, tulang, dan sendi. Dia juga dinamakan dengan tuna daksa. Dan setelah dipikir – pikir mungkin cacat ortopedic itu yang menyebabkan lahirnya rumah sakit ortopedi. Bingung kan? Yah, karena rumah sakit itu fokus untuk mengurusi orang – orang yang mengalami cacat.

Gimana? Menarik bukan, infonya? Tenang ane masih punya ribuan info untukmu. Ikuti terus ya, infoku. Nyesel hlo, kalau sampai kelewatan. Thank you.