Sabtu, 21 Mei 2016

Apa itu Tuna Wicara?

Apa itu Tuna Wicara?

Ada cinta yang kau getarkan, saat ku resah... Enak ya kalau bisa menyanyikan lagu – lagu. Lalu suara merdu kita didengar banyak orang. Yah walaupun merdu bukan dalam arti yang sebenarnya sih. Maksudnya merdu alias merusak dunia.

Siapa sih yang tidak ingin bisa menyanyi? Ya meskipun cuma dikamar mandi doang. Tapi sudah cukup untuk membuatmu senang. Namun pernah tidak kita melihat nasib orang yang mengalami tuna wicara. Mereka mungkin ingin menyanyi sepertimu hlo.

Hmmm... “apa itu tuna wicara?”
Bentar, sebelum menginjak pada pembicaraan selanjutnya. Tolong jangan serius – serius amat ya. Relax saja. Santai kaya dipantai. Aku cuma mau ngasih info tentang apa itu tuna wicara di sepele kok. Yah, meskipun sepele, tapi penting juga hee.

Tuna wicara yaitu orang yang mengalami gangguan dalam berbicara. Artinya orang itu biasanya tidak dapat bicara. Mereka tidak dapat bicara karena mengalami gangguan dalam organ tubuhnya, yang menyebabkan alat – alat yang digunakan untuk berbicara tidak berfungsi.

Alat – alat itu apakah terbuat dari mesin? Bukan bro, ini alat yang secara alami terdapat dalam tubuh kita. Namanya organ, bukan mesin. Emangnya ini bahas robot? Ini membahas tentang gangguan dalam tubuh manusia, tau.

Orang yang mengalami tuna wicara ini, karena rongga mulut, lidah, langit – langit, pita suaranya tidak berfungsi. Bisa kebayang kan? Kalau pita suara tidak berfungsi? Suara indah loe, tidak akan tersalurkan dalam kehidupan yang nyata. Masak kamu akan menyanyi dengan suara batin, emang siapa yang bakal dengar? Dukun?

Sudah. Sudah. Jadi gini orang yang tuna wicara itu karena semua organ dalam tubuh yang berhubungan dengan untuk mengeluarkan suara jadi tidak berfungsi. Akibtanya mereka kesulitan berbicara. Mengapa bisa demikian? Itu bisa karena cacat sejak lahir, jadi para ibu – ibu yang sedang mengandung, diharap untuk lebih berhati – hati ya. Selain itu, bisa juga karena kecelakaan (ihh...serem) atau penyakit.

Hmmm...sudah tahukan apa itu tuna wicara? Kalau belum tahu, silahkan dibaca kembali. Good luck.