Selasa, 03 Mei 2016

Apa itu Kismis?

Kismis

Masih seputar makanan nih, kali ini se.amatir.men akan membahas tentang kismis. Hmm, bagi yang hobi membuat aneka kreasi roti, atau pun yang sekedar doyan menikmati aneka kreasi roti, tentu kamu sudah sangat akrab dengan kismis bukan?

Kismis ini memang sering banget muncul dalam aneka olahan roti. Tapi, ada gak sih yang belum tahu tentang apa itu kismis? Tak apalah kalau belum tahu, lagpula, se.amatir.men akan menguraikan penjelasannya dalam artikel singkat kali ini. Simak tentang kismis dan pembuatannya ini yuk.

Kismis adalah ….
Jadi, kismis ini adalah bentuk olahan dari anggur kering. Tapi, ini anggur khusus yang banyak tumbuh di dataran wilayah California, Mediterania, dan Australia ya. Kismis mempunyai warna yang cenderung coklat gelap sampai kehitaman dengan bentuk oval dan kisut.

Kismis ini sering dijadikan sebagai bahan campuran, perasa dan hiasan pada roti loh. Kalau awal proses pembuatan kismis dulu sih, biasanya dibuat di bawah panas terik sinar matahari langsung alias dijemur.

Simak juga: Apa itu Cookies?

Akan tetapi, karena jaman sudah semakin canggih dan permintaan akan kismis pun juga meningkat, sepertinya proses pemanasan dengan matahari saja tidak cukup mampu untuk menghasilkan kismis dalam jumlah besar. Selain matahari hanya muncul di siang hari, suasana mendung juga sering mengganggu proses pengeringan anggur ini.

Jadi, proses pembuatan kismis sekarang ini lebih banyak dibuat dengan dikeringkan dalam ruang pemanas khusus. Lebih modern gitu, dan prosesnya pun jadi lebih cepat.

Asal kata kismis
Ow ya, belum lengkap nih kalau belum tahu dari mana asal kata kismis. Jadi, kata “kismis” ini berarti anggur kering. Kalau awalnya sih, kata kismis dipakai untuk menyebut sesuatu yang sekarang ini lebih dikenal sebagai currant (bahan campuran untuk masakan) dan sultana (bahan campuran untuk kue). Currant dan sultana ini juga dibuat dari anggur yang dikeringkan.

Tapi, semakin hari, kata kismis ini lebih terkhusus digunakan untuk menyebut anggur yang dikeringkan, yang sedang kita bahas saat ini loh. Biar tidak rancu dengan bentuk olahan anggur kering lainnya gitu.