Minggu, 29 Mei 2016

Kenali Pengertian Bank? Kenapa menggunakan Bangunan Belanda untuk tempat Bank?

Pengertian Bank

Suatu hari, ketika jalan – jalan untuk kekota pertama kali. Aku merasa takjub. Ternyata, kehidupan di kota itu memang penuh dengan bangunan – bangunan yang menjulang tinggi. Ada banyak toko, hotel, perkantoran, dan bank. Aku selalu tertarik melihatnya.

Diantara semua bangunan itu. Bangunan bank selalu menarik. Coba saja lihat Bank Indonesia, bangunannya kuno ya. Konon nih, menurut cerita itu bangunan penginggalan Londo alias Belanda.

Tapi kenapa bangunan itu dijadikan bank ya? Sebenarnya apa itu bank? Mari kita cari tahu. Maksudku, mari kita pelajari bersama – sama atau together.

Bank ialah semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan uang, menabung uang, dan melakukan kegiatan perbankan yang lain. Kegiatan perbankan itu, seperti deposito, tukar uang asing, dan lain – lain.

Jadi melihat definisi di atas, nampak sekali kan kalau bank itu berhubungan dengan uang. Makanya di bank itu ada banyak uang. Tentunya bukan uang milik kita saja. Itu juga uang yang dimiliki oleh umat – umat yang lain.

Mungkin itulah yang menjadi penyebab, kenapa menggunakan bangunan belanda. Begini relevansinya. Konon, menurut cerita yang berkembang dan bersumber dari nenek moyang. Bangunan – bangunan milik Belanda itu memiliki struktur dan bahan yang kokoh.

Orang – orang Belanda kan tidak mungkin main – main dengan  dana yang digunakan untuk membuat sebuah gedung. Karena pada dasarnya, mereka itu tidak berbakat korupsi sih. 

Tapi mereka berbakat dalam hal menyelamatkan diri sendiri. Makanya, bangunannya itu kokoh dan dikonstruksi sedemikian rupa hingga nampak bagus, aman, dan sesuai dengan standar mereka, tentunya.

Nah, bank kan tempatnya uang. Jadi mungkin, pemerintah pada waktu sedang berpikir, di mana tempat yang pas untuk dijadikan bank. Akhirnya dipilihlah gedung bekas Belanda itu untuk jadi tempat menyimpan uang atau bank gitu.

Bagaimana sudah paham kan? Apa yang dimaksud bank dan kenapa bentuk bangunan bank itu, bekas rumah milik Belanda.