Jumat, 03 Juni 2016

Apa itu Ilmu?

Apa itu Ilmu?

Adik, sini aku mau tanya. Kenapa kamu sekolah? Untuk mencari ilmu kan pastinya. Lalu “Apa itu ilmu?”. Tik..tok..tik..tok...apa ya artinya. Nah, bingungkan menjelaskannya. 

Pada hal itu yang kamu kejar, dibangku sekolah. Eh tunggu, di kejar, dibangku sekolah. Kalau dipikir – pikir, kasian juga ya mengejar ilmu, kan capek harus lari – lari.

Tapi untungnya dikejarnya itu dibangku sekolah. Pada hal bangku kan tempat untuk duduk. Oh, mungkin gini maksudnya. Kata kejar itu hanya kiasan. Bangku sekolah tidak bergerak. 

Kemudian itu berarti tempat untuk duduk. Jadi mengejar ilmu, tidak perlu berlari – lari, seperti keliling lapangan olah raga. Cukup duduk dengan manis, menjelaskan penjelasan dari guru, kemudian dapat ilmu.

Lalu “Apa itu ilmu?”. Nampaknya dia berharga sekali, bagi setiap manusia ya. Okay, mari aku jelaskan “Apa itu ilmu?”, biar semuanya mengerti dan paham.

Ilmu adalah....
Ilmu adalah pengetahuan yang diketahui secara sistematis dan ilmiah. Itu artinya ilmu, adik. Jadi kamu memperoleh pengetahuan itu secara sistematis. 

Artinya, kamu mengikuti pelajaran yang diberikan guru itu sebagai wujud dari pengolahan yang baik dan berurut tentang materi – materi yang harus kamu kuasai. Urutan materi itu sesuai dengan standar kemampuan yang harus dimiliki sesuai dengan jenjang tertentu.

Gurumu tidak akan memaksakan kamu untuk menguasai pelajaran setingkat SMA. Pada hal kamu masih SD. Jadi harus berurut, atau yang dinamakan sistematis. Kemudian, alamiah. Artinya, ilmu yang kamu peroleh itu dari hasil – hasil penemuan yang nyata di lapangan.

Penemuan itu diteliti untuk diubah menjadi suatu teori yang bisa kamu pelajari. Dan nantinya, kamu bukan hanya mempelajari teori saja. Namun, juga menerapkan teori, ke dalam langkah nyata, adik.

Itulah ilmu, apa yang kamu peroleh, kamu sampaikan untuk dijadikan ilmu baru bagi orang lain. Ada banyak ilmu di dunia ini yang bisa kamu pelajari dan teliti, agar kamu menjadi pribadi yang berilmu. Sudah paham, adik? Semoga kamu tidak bingung lagi ya, ketika ada yang tanya “Apa itu ilmu?”