Apa itu Keadilan?

Apa itu Keadilan?

Hai sobat, aku mau cerita tentang suatu keadaan yang dialami oleh gadis kecil nan lucu. Suatu hari dia bermain bersama dengan teman – temannya. Mereka memainkan bonekanya masing – masing, dengan beberapa aksesoris yang dibutuhkan untuk menghiasi bonekanya. Hingga sampai akhirnya, ada seorang teman yang kehilangan pita dari bonekanya. Gadis itu dituduh mencurinya. Gadis itu berusaha menjelaskan dengan cara baik – baik, tapi temannya tetap tidak mau mendengar.

Hingga kemudian, datanglah sesosok laki – laki tua yang bermaksud untuk menengahi kejadian yang dilihatnya. Anak yang kehilangan pita rambut untuk bonekanya, ditanyai oleh lelaki tua itu. Dia kemudian mengatakan kalau pita itu diambil gadis itu. Dia mengatakan dengan menangis tersedu – sedu. Lalu, gadis itu mengatakan, bukan aku pencurinya. Namun laki – laki itu tidak mau mendengar. Gadis itu tetap dimarahi oleh laki – laki tua.

Kemudian, gadis itu pulang. Dalam benaknya dia bertanya “pengertian keadilan”. Gadis itu merasa sudah berbuat jujur, namun lelaki tua itu tidak mau mendengarnya. Ibunya selalu mengatakan, bahwa semua orang itu bisa berbuat adil. Namun, perilaku lelaki tua itu membuat dia bertanya – tanya “Apa itu keadilan?”

Gadis itu pulang ke rumah, dan mencari arti keadilan dalam buku mungilnya. Ternyata, keadilan itu memberikan sesuatu, sesuai dengan tempatnya. Artinya dikatakan adil, jika mampu memberikan sesuatu sesuai dengan hak yang harusnya diperoleh orang tersebut.

Kita ambil contoh laki – laki tua tadi. Seharusnya beliau mau mendengarkan juga penjelasan si gadis kecil. Setidaknya itu memberikan hak pada gadis kecil itu untuk berbicara. Sehingga laki – laki tua itu mendengarkan pendapat dari dua belah pihak, dan disertai dengan bukti. Bukan langsung memarahi.

Nah, begitulah sobat, sedikit cerita yang dihubungkan dengan “Apa itu keadilan”. Semoga sobat – sobat sekalian, paham ya.