Rabu, 15 Juni 2016

Apa itu MEA

Apa itu MEA

Ada info terbaru nih sobat! Dengar – dengar pemerintah Indonesia akan mengadakan kerjasama dengan ASEAN dengan cara yang baru. ASEAN itu bukan nama negara hlo, tapi nama perhimpunan untuk negara – negara yang terletak di benua Asia, sobat.

Info yang berhembus (kaya angin saja ya) mengatakan kerja sama yang dilakukan itu namanya MEA. Apa itu MEA? Pasti pada ingin tahu kan. Okay, akan aku beri tahu, agar kita tidak ketinggalan zaman.

MEA itu kepanjangan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Konon, menurut cerita yang pernah aku dengar, nanti kita akan mengadakan perdagangan bebas. Kebayangkan bagaimana perdagangan bebas itu. 

Pasti nanti akan ada banyak barang – barang buatan luar negeri yang masuk ke negara kita, begitu pula barang – barang dari negara kita akan masuk ke luar negeri.
Sebenarnya sih kerja sama ini mengandung keuntungan dan resiko tertentu sobat. Ya, enaknya sih kita dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh negara sendiri, ke luar dunia. 

Contohnya nih sandal Swallow, sandal jepit yang lagi ngehits karena dipakai oleh aktor dari negara Korea, setelah dia berhasil membeli sandal seharga 8000 perak di negara kita, namun di ebay di jual dengan harga 300.000. 

Wow, fantastis bukan? Pada hal Cuma sandal jepit. Lalu apa kah sandal jepit dari luar negeri, sebenarnya harganya juga 8000 perak? Heee..

Meskipun ada untungnya, ruginya juga ada sobat. Coba saja bayangkan, negara kita yang kaya akan kekayaan alam. Namun, belum bisa kita olah, bakalan mungkin di olah oleh orang – orang di negara lain. 

Mengapa demikian? Menurut kabar nih, di MEA nanti kita bisa mencari pekerjaan di negara mana pun yang kita inginkan. Indonesia kan kaya akan sumber daya alam, bisa jadi nanti pihak asing yang akan mengolah, kemudian kita akan kebagian setengah aja, itu tidak mungkin. Paling seperti freeport. Hee..

Makanya, kita sebagai anak bangsa Indonesia, tidak ada salahnya memajukan negara sendiri. Berbekal pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Negara kita kaya kok, kita hanya perlu belajar untuk mengolahnya.


Begitulah sobat, sekilas tentang MEA, sudah mengertikah?