Selasa, 14 Juni 2016

Apa itu MLM

Apa itu MLM

Sini, sobat. Lihat tuh aja judul “MLM”. Tahu tidak apa itu MLM? Pasti malam, iya kan? Haduh, kok bisa malam sih? Kan kalau kita SMS orang lain, kata malam, disingkat mlm. Hmmm...apa sudah tidak ada lagi, arti dari MLM, selain malam?

Ada sih...apa coba? Kalau menurut pengetahuan dan pemahamanku, dan info yang pernah aku peroleh. MLM itu Multi Level Marketing. Hebat...

Dari mana kamu tahu itu? Begini ceritanya, dulu ketika aku sedang main hotspot di kampusku. Ada sekumpulan mahasiswa yang sedang berkelompok. Aku kira saat itu, mereka sedang belajar bersama. 

Aku mencoba untuk mendengar apa yang sedang mereka bicarakan, karena aku curiga sih. Masak orang belajar tapi tidak ada yang membawa buku atau membuka laptop.
Nah, usut punya usut, ternyata saat itu sedang terjadi praktek MLM. Aku sempat bertanya – tanya sih, apa itu MLM. Kemudian, aku beranikan diri untuk bertanya pada temanku. Temanku menjelaskan kalau MLM itu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk merekrut orang lain, agar mau membeli barang yang ditawarkan.

Terus aku bilang ke temanku, enak dong. Temenku melanjutkan penjelasannya. Jangan bilang enak dulu, dalam kegiatan MLM, kamu emang disuruh beli barang, tapi kamu nanti juga diminta untuk rekrut orang lagi, biar dapat uang dari orang yang kamu rekrut. Siklusnya begitu terus, semakin banyak yang kamu ajak, maka kamu akan mendapatkan bonus yang banyak.

Jadi gajimu itu sebenarnya bukan dari perusahaan tertentu, dengan standar yang telah ditetapkan. Tapi gajimu diperoleh dari kegiatan ngajak orang itu. Semakin banyak orang yang kamu bawa, semakin banyak uang yang kamu miliki. Sebenarnya sih rugi orang yang terakhir, karena tidak mendapat apapun.

Bisa dibayangkan kegiatan MLM itu seperti apa? Yah, memang enaknya kalau punya banyak orang yang direkrut, kamu banyak orang. Lha kalau tidak ada yang bisa kamu rekrut, bisa gigit jari kamu.

Sudah pahamkan tentang MLM?