Kamis, 02 Juni 2016

Apa itu Sejarah?

Apa itu Sejarah?

Aloha, para mantan. Kisah yang terjadi diantara kita hanyalah sebuah kenangan. Yang akan menjadi sejarah dalam kehidupan kita. Dan tidak akan pernah terulang kembali, ketika kau telah melangkah pergi. Wah, kok, aku jadi galau gini ya. Maklumlah, ini mau menjelaskan tentang “Apa itu sejarah?”

Lihat kata sejarah, aku langsung ingat kata “mantan”. Mungkin terdapat hubungan yang signifikan antara sejarah dan mantan. Buktinya aku langsung nyambung ke mantan. 

Meskipun sebenarnya, sejarah tidak hanya berhubungan dengan mantan. Soalnya pelajaran di sekolah, juga ada yang berjudul sejarah. Tapi tidak tahu kenapa, hanya kata itu yang keluar. Mungkin mantan lebih membekas, dibandingkan pelajaran yang pernah aku terima. Hustt..ngawur aja. Okay, aku harus move on.

Aku sebenarnya mau menjelaskan tentang “Apa itu sejarah?”. Maaf ya, jadi ingat para mantan, terus aku jadi baper. Ehh...kembali ke masalah semula, “Apa itu sejarah?”.

Sejarah adalah peninggalan pada masa lampau yang disusun berdasarkan peristiwa yang terjadi. Tuh, bener kan kalau aku jadi ingat mantan. Secara sejarah itu peristiwanya sudah masa lampau, entah beberapa tahun yang lalu, atau mungkin sudah dalam hitungan masehi. Tapi sejarah ini berhubungan dengan masa lampau.

Namanya masa lampau, mungkin itu, salah satunya ketika zamannya pitekantropus paleo javanicus itu kali ya. Kan itu juga sejarah. Katanya sih sejarah tentang nenek moyang kita. 

Jadi nenek moyang kita dulu, tidak berbentuk seperti kita, pada saat  ini. Kehidupan mereka juga jauh beda dengan kita. Mereka hidup di zaman batu. Jangan berpikir meskipun hidup dizaman batu, makanan mereka juga dari batu.

Aku katakan itu salah besar! Sekalipun dinamakan zaman batu. Sebenarnya, maksudnya dari zaman batu itu, alat yang mereka gunakan kebanyakan berasal dari batu – batuan. Mungkin dulu, mereka belum menemukan kayu. Karena belum ada yang jualan kayu. Begitu ceritanya.

Gimana? Sudah paham belum, artinya sejarah? Pasti sudahkan. Yah, semoga ceritaku ini bermanfaat untukmu ya.