Sabtu, 25 Juni 2016

Apa itu Skripsi

Apa itu Skripsi

Dear sobat:
Sebagai mahasiswa tingkat akhir dalam perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Skripsi merupakan cobaan berat dalam hidup mereka, disamping cobaan – cobaan lain yang dialami. Bagaimana tidak, semua waktu, tenaga, dan pikiran, hanya dihabiskan untuk yang namanya skripsi. Bahkan, kata skripsi seolah menjadi bayang – bayang nyata yang tampak dalam perjalanan kehidupan kita.

Hadirnya dosen pembimbing yang katanya untuk membimbing dalam penyelesaian skripsi. Yang katanya untuk mengarahkan dalam mengolah data penelitian. Yang katanya untuk membantu meringankan beban dalam mengerjakan skripsi. Terkadang justru berbanding terbalik. Hee.

Sebenarnya, apa itu skripsi? Sehingga menyebabkan kemunculan sisi lain dalam pribadi dosen pembimbing?

Menurut sumber yang bisa dipercaya. Yang diperoleh dari seseorang yang pernah menjadi dosen pembimbing. Sehingga dapat dinyatakan berpengalaman dan berkompeten untuk menjadi dosen pembimbing.

Maka skripsi adalah karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa sarjana tingkat akhir. Karya ilmiah ini ditulis secara sistematis dengan menggunakan aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh universitas atau secara internasional.Karya ilmiah ini juga tidak diperbolehkan untuk meniru atau melakukan plagiat terhadap karya ilmiah orang lain. Jadi harus benar – benar karya asli yang kamu tulis.

Makanya, setiap mengerjakan skripsi ini, dosen pembimbing banyak yang minta ini itu. Karena dosen pembimbing tidak menghendaki, kita meniru karya orang lain. Dosen pembimbing selalu berharap kita benar – benar mengerjakan sendiri skripsi kita. Ya itung – itung, belajar menjadi seorang peneliti lah. Siapa tahu suatu saat nanti, Tuhan memberikan kita kesempatan untuk menjadi seorang ahli peneliti. Atau mungkin tiba – tiba kita diberikan kesempatan untuk meneliti hal – hal kecil di masyarakat dengan di biayai oleh orang – orang hebat.

Jadi sobat mulai saat ini belajarlah untuk mengerjakan skripsi dengan cara yang baik dan jujur. Ikuti setiap prosedur dengan baik. Dan satu hal lagi, kata orang bagus tidaknya skripsi itu tidak ditentukan oleh dosen pembimbing, sobat. Hmmm..pahamkan maksudku gimana? Hee.