Jumat, 24 Juni 2016

Apa itu Supervisor

Apa itu Supervisor

Teman, aku ingin berbagi cerita nih. Temanku mendapat penawaran pekerjaan untuk menjadi supervisor di salah satu perusahaan furniture terkenal di Solo. Aku merasa senang mendengar kabar itu, teman. Karena hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

Namun, sebenarnya ada yang mengganjal dalam benakku sobat. Sebenarnya, apa itu supervisor. Waktu itu, ketika aku bertemu dengan temanku tersebut, aku ingin tanya tentang apa itu supervisor. Namun, karena aku tidak mau merusak suasana hatinya yang sedang mentraktir aku untuk merayakan kenaikan jabatannya. Akhirnya, aku cuma bisa terdiam dan bertanya – tanya.

Kemudian, sepulang dari acara tersebut, ketika di rumah, aku langsung membuka buku catatanku alias notebook. Aku bermaksud mencari tahu tentang apa itu supervisor, teman. Setelah beberapa detik dan menit, aku mencari info tentang apa itu supervisor. Akhirnya aku mendapatkan sumber yang pas untuk menjelaskan tentang supervisor.

Supervisor adalah penyelia.
Dia punya wewenang untuk mengatur rekan pekerjaan yang di bawahnya, namun tetap di arahkan oleh atasannya. Supervisor ini adanya di perusahaan – perusahaan, teman. Kamu tidak bakalan menemukan jabatan supervisor di sekolah – sekolah atau di universitas – universitas gitu.

Orang yang mempunyai jabatan sebagai supervisor ini, tidak harus laki – laki, teman. Siapapun bisa menjadi supervisor, asalkan berkompeten untuk menjalani profesi tersebut.  Karena tugas supervisor itu mengawasi dan mengarahkan.

Mengawasi, bukan berarti satpam ya teman. Jadi supervisor itu untuk melihat kualitas kerja yang dilakukan oleh bawahannya. Kemudian memberikan pengarahan pada bawahannya yang kinerjanya kurang memuaskan perusahaan. Karena bagaimanapun juga, keberadaan supervisor ini secara tidak langsung memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Begitu sobat, sudah paham maksud dari supervisor? Semoga suatu saat nanti, ketika kamu bekerja di perusahaan – perusahaan, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi supervisor atau bagian yang lain. Sehingga kamu bisa memiliki jenjang karir yang baik dalam pekerjaanmu.