Rabu, 08 Juni 2016

Ibu Kota Myanmar

Ibu Kota Myanmar

Nak, sini tak beri tahu. Kamu ingat tak makanan sejenis permen. Dulu namanya pagoda. Permennya itu rasa mint dengan campuran buah gitu. Jadi pedas, pedas enak gimana gitu. Bentuk permennya juga unik. Tidak bulat, tidak kotak, tapi segitiga itu bentuk permennya.Lalu, wadah permen pagoda itu berbentuk bulat.

Nah, kalau ingat nama permen itu. Aku jadi ingat ada sebuah negara yang juga terkenal karena pagodanya. Yaitu Myanmar. Emmm..mungkin dulu yang membuat permen pagoda itu, terinspirasi dari pagoda yang ada di Myanmar.

Bisa jadi, saat dia sedang mencari inspirasi nama untuk produknya. Dia sedang jalan – jalan di Myanmar. Mungkin saat itu, dia mengunjungi wisata disana. Selain untuk mencari ide, juga untuk merelaks kan badannya, disalah satu wisata yang terkenal di Myanmar. Namanya Pagoda Shwedagon.

Pagoda shwedagon itu terbuat dari bebatuan. Bentuknya juga hampir menyerupai segitiga. Kalau di Indonesia sih, sejenis candi gitu bentuknya pagoda shwedagon.

Karena bentuk pagoda shwedagon yang menyerupai bentuk segitiga. Dan kebetulan saat itu yang punya pabrik permen, juga memproduksi permen yang berbentuk segitiga. Akhirnya, diambillah nama pagoda, karena memiliki bentuk yang hampir sama, nak.

Sebenarnya sih, mungkin mau sekalian ditambah shwedagon. Namun karena pagoda shwedagon merupakan salah satu situs yang dilindungi pemerintah dan sudah punya hak paten. Jadi tidak mungkin kan, pemilik permen mau mengotak – atik hak paten yang dimiliki si pagoda shwedagon. Bisa – bisa kena royalty. Karena dia tidak mau ribet dengan royalty. Akhirnya cuma diberi nama pagoda saja.

Begitulah kisah asal mula permen pagoda. Oh ya, aku jadi ingat. Aku belum cerita tentang “Ibu Kota Myanmar”, pada hal tadi nyinggung tentang Myanmar. Hee.sampai lupa untuk memberi tahu. Okay.
Ibu Kota Myanmar ialah Naypyidaw

Tuh, dihapalkan ya. Siapa tahu nanti keluar di mata pelajaran IPS. Jadinya kamu langsung bisa angkat tangan untuk menjawab gitu. Biar kelihatan sudah belajar lah dan untuk menambah nilaimu juga. Okay?