Senin, 20 Juni 2016

Makanan Khas Solo

Makanan Khas Solo

Hai, sobat. Pertama kali kunjung ke Solo, pasti kita akan lihat slogan “Solo kota budaya”. Yah gimana bukan kota budaya. Di solo terkenal akan batiknya yang beragam corak, kemudian tariannya yang menarik, dan satu lagi yang tidak kalah menarik, yaitu makanan khas Solo.

Ketika kamu berkunjung di solo, pasti kamu ingin menikmati makanan khas daerah sini kan. Karena makanan khas Solo, tidak akan kamu temukan di Kalimantan, kecuali ada warga Solo yang merantau ke Kalimantan, kemudian menjual makanan khas Solo di sana.

Okay, aku lanjutin ya. Makanan khas Solo itu...
Selat Solo. Makanan yang berkuah coklat ini, di dalamnya ada irisan wortel, buncis, daun selada, kentang, kripik kentang, telur, daging, dan di atas daun selada itu ada kuning telur yang dicampur mustard. 

Nikmati juga: Makanan Khas Aceh

Hmmm..pasti enak sekali rasanya. Apa lagi kalau ditambah irisan bawang merah. Sudah pasti bikin kamu ketagihan makanan khas Solo.

Tapi jangan menyebut dirimu ketagihan makanan khas Solo, sebelum kamu merasakan nasi liwet dan serabi solo.

Nasi liwet itu sejenis nasi gurih yang dikasih lauk sayur labu siyam.  Kenapa nasinya gurih? Itu karena di kukusnya menggunakan santan kelapa. Dan ketika kamu menikmati nasi liwet ini, tidak lengkap rasanya tanpa irisan ayam dan telur. Penyajian nasi liwet juga tidak perlu ribet, cukup menggunakan daun pisang. Hmmm...dijamin maknyus dah.

Lalu, serabi solo. Ini juga makanan khas Solo yang dibuat dari tepung besar ditambah santan kelapa. Bentuknya bulat. Dan pembuatannya pun, juga sederhana. Hanya dengan menggunakan arang dan tanpa minyak sobat.

Serabi Notosuman merupakan kue serabi yang paling terkenal di kota Solo. Banyak turis atau pelancong yang datang ke Solo, untuk menikmati kue serabi ini. 

Makanya, warung serabi Notosuman ini tidak pernah sepi pengunjung. Harganya yang tidak mahal, membuat siapapun bisa menikmatinya. Sobat, cukup menyiapkan uang 22.000 rupiah, sudah bisa mendapatkan 10 kue serabi. 

Menarik bukan, makanan khas Solo. Berani mencoba?