Senin, 04 Juli 2016

Apa arti air beriak tanda tak dalam?

Apa arti air beriak tanda tak dalam?

Peribahasa memang merupakan hal yang penting untuk dipelajari, terutama dalam materi pelajaran bahasa Indonesia. Tentunya, kamu pun sudah banyak mempelajari tentang berbagai peribahasa ini bukan? 

Nah, ada juga loh salah satu peribahasa yang begitu populer dan tentunya sudah banyak orang yang tahu. Ya! Peribahasa Air Beriak Tanda Tak Dalam. Peribahasa tentang air ini sangat populer sampai sering sekali muncul di pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar, sampai Sekolah Menengah Atas.

Eits, ada yang belum tahu apa artinya air beriak tanda tak dalam? Bagi yang belum tahu, tak perlu khawatir, ada sepele yang akan menjelaskannya.

Air beriak tanda tak dalam, apa artinya?

Jadi, peribahasa ini berarti bahwa : seorang yang banyak bicara, menandakan bahwa ia memiliki ilmu yang dangkal. Ya, kurang lebih seperti itulah arti sederhananya.

Jadi maksudnya, seorang yang cerewet, banyak bicara, banyak protes, banyak mengeluh, banyak mengomel, berisik, membicarakan banyak hal yang tak jelas arahnya, artinya justru biasanya orang tersebut adalah orang yang tidak berilmu atau ilmunya sedikit atau ‘bodoh’.

Kenapa diibaratkan demikian? Ya, bisa dilogika juga sih. Kondisi ini memang seperti air yang beriak alias berbuih -buih deras. Bila kamu melihat air memiliki riak atau buih -buih yang deras, biasanya air tersebut tidaklah dalam alias dangkal. 

Sedangkan air yang dalam, justru akan teahrlihat lebih tenang. Ya, kalau ini sejalan juga dengan peribahasa “air tenang menghanyutkan.” Makna peribahasa air tenang menghanyutkan ini adalah lawan dari peribahasa air beriak tanda tak dalam.

Kalau peribahasa yang sudah dijelaskan di atas bermakna banyak bicara tandanya ilmunya dangkal, maka orang yang terlihat lebih tenang, biasanya justru memiliki ilmu yang lebih banyak alias pemahamannya mendalam. Begitu lah kira -kira pengertian dari aneka peribahasa tentang air ini. Sudah paham bukan?