Minggu, 03 Juli 2016

Apa Itu Déjà vu?


Sering mendengar istilah déjà vu tapi tidak tahu apa itu arti déjà vu? Istilah satu ini memang cukup populer loh. Apalagi bagi kalangan pecinta film. Sebab, kata ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa agar menghasilkan cerita yang lebih seru, keren dan dramatis.

Eits, jadi sudah tahu belum apa itu déjà vu? Bagi yang belum tahu, don’t worry, ini nih mau sepele kasih tahu …

So, istilah déjà vu adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada kondisi seseorang yang ‘seolah’ melakukan satu kejadian yang sama secara berulang -ulang. Jadi, seolah ia mengingat kembali kejadian masa lalu.

Misalnya nih, kalau kamu sudah melewati suatu jalan, lalu di jalan itu kamu menginjak kulit pisang, dan terpeleset, setelah terpeleset, eeh ada cowok cakep atau cewek cakep yang menolong kamu. 

Nah, ketika kamu melihat atau mengalami kejadian itu, di pikiran kamu terlintas bahwa sepertinya kamu pernah mengalami peristiwa yang persis sama dengan peristiwa tersebut. Entah kamu benar pernah mengalaminya, atau sebenarnya belum pernah.

Fenomena di balik déjà vu …

Ada yang beranggapan kalau déjà vu adalah suatu fenomena mistis. Sebab, seringkali apa yang dikira pernah dialami itu, sebetulnya belum pernah dialami. 

Padahal, sebetulnya déjà vu bukanlah mengingat kembali kejadian dari masa lalu loh. Menurut penjelasan ilmiahnya sih, kondisi ini terjadi akibat adanya kerusakan sementara dari beberapa sel otak kita.

Nah, kerusakan sementara dari sel otak inilah yang menyebabkan kita bisa merasa seolah -olah mengingat kembali sesuatu yang sebetulnya tidak pernah terjadi sebelumnya.

Jadi, begitu loh sob, penjelasannya soal apa itu déjà vu. Sudah paham khan? So, kamu sendiri pernah mengalami kondisi seperti ini belum? Jangan sering -sering mengalami loh ya. Soalnya khan itu menunjukkan adanya kerusakan sel.