Rabu, 06 Juli 2016

Apa Itu Dividen?


Kalau sudah tahu apa itu saham, tentunya kamu juga perlu tahu apa itu dividen. Sebab, dividen ini erat sekali kaitannya dengan istilah -istilah dalam saham. Buat kamu yang belajar soal ekonomi dan dunia investasi, tentu kamu juga mengenal saham dan juga dividen donk.

Ow ya, sebagai informasi, dividen ini terkadang juga disebut sebgagai deviden. Jadi, seringkali orang juga mencari infonya dengan “apa itu deviden.” Hmm, mirip juga ya, dividen dan dividen. Tapi jangan keliru ya, yang benar dividen, bukan  apa itu deviden.

Eits, ada yang belum tahu? Tak masalah, sepertinya memang banyak juga orang yang belum tahu soal apa itu dividen. Sebab, istilah ini memang agak kurang akrab di percakapan sehari -hari. Tapi, tak ada salahnya juga kamu memahaminya. Jadi, simak baik -baik mengenai penjelasan apa itu dividen dari se.amatir.men ya.

Apa itu dividen ya?

Setiap orang yang punya bagian saham atas suatu perusahaan, maka ia pun berhak untuk klaim atas pendapatan perusahaan dalam bentuk dividen. Eits, jadi, apa itu dividen adalah bentuk pendapatan perusahaan? Sederhananya sih bisa dibilang begitu.

Untuk lebih lengkapnya soal definisi dividen, bisa juga disimak dalam buku tulisan Iqra’ Alfirdaus yang berjudul Jauhi Saham Sebelum Baca Buku Sakti Ini! Terbitan Diva Press, Jogjakarta tahun 2011.

Kalau menurut buku tersebut, dividen adalah pembagian laba atau keuntungan perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki atas perusahaant tersebut.

Dividen ini biasanya dibagikan oleh perusahaan setiap tahunnya, sebagai bagian dari laba peruashaan. Pembagian laba ini, tentunya juga akan mengurangi laba atau keuntungan ditahan serta kas yang tersedia bagi perusahaan loh ya. Namun, ya memang distribusi keuntungan kepada para pemilik saham di sini jadi tujuan utama suatu bisnis sih.

Jenis -jenis dividen

Supaya pengetahuan kamu soal apa itu dividen dengan lebih lengkap, yuk kita cari tahu juga tentang jenis -jenis dividen. Dividen sendiri ini memang terdapat empat macam loh. Yakni : dividen tunai, dividen saham, dividen properti dan dividen interim. Apa arti masing -masing dividen ini?

1. dividen tunai, 

Dividen tunai adalah metode pembagian dividen yang paling umum digunakan untuk membagi keuntungan suatu perusahaan. Biasanya, dividen dibayarkan secara tunai dan dikenakan pajak pada tahun pengeluarannya kepada masing -masing pemilik saham, sesuai besaran kepemilikan sahamnya.

2. dividen saham, 

Dividen saham juga menjadi jenis dividen yang cukup sering digunakan. Dividen jenis ini dibayarkan dalam bentuk saham tambahan. Biasanya, perhitungannya didasarkan pada proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Jadi, semisal setiap 100 saham yang dimiliki, maka akan diberikan 5 sahan tambahan. 

3. dividen properti,

Dividen properti ini adalah bentuk pembagian laba perusahaan yang dibayarkan dalam bentuk aset. Pembagian dividen dengan cara seperti ini memang terbilang jarang dilakukan sih. Sebab, aset berupa properti memang cukup sulit diwujudkan lantaran nilainya yang tinggi. Betul?

4. dividen interim

Nah, untuk dividen interim, ini adalah jenis dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham, sebelum tahun buku Perseroan tersebut berakhir. 

Nah, jadi seperti itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dividen dan juga jenis -jenis dividen. Sudah paham?