Rabu, 31 Agustus 2016

Apa itu Komet?

Apa itu Komet?

Ada yang senang mengamati langit dan juga benda -benda cantik yang ada di langit? Ya, langit yang mengelilingi bumi kita memang mempunyai begitu banyak benda yang cantik, yang biasa dikenal sebagai benda -benda angkasa.

Benda -benda luar angkasa ini jumlah dan jenisnya ada begitu banyak. Salah satu benda angkasa yang menarik untuk dibahas adalah komet. Hmm, kamu tahu apa itu komet? 

Yap! Sederhananya, komet adalah salah satu jenis benda langit yang bergerak bebas di angkasa luar sana. Tapi, seperti apa ya komet itu? Apa sama dengan bintang dan matahari? 

Apa itu komet?

Perlu diingat, komet berbeda dengan bintang ya. Komet adalah benda langit yang juga memiliki cahaya sendiri, sama seperti bintang. Tapi, ciri khas utama komet adalah ia memiliki tiga bagian utama.

Tiga bagian ini yang pertama adalah kepala atau nucleus. Kepala atau nucleus komet ini terdiri dari es dan partikel -partikel kecil lainnya.

Bagian kedua adalah koma. Koma ini berupa gas dan selalu mengelilingi nuklues. Bagian ketiga adalah ekor. Ekor komet tediri dari partikel -partikel debu kecil yang panjang. Panjang ekor komet ini bisa mencapai jutaan kilometer loh. 

Nah, yang khas dari komet adalah ekornya ini. Karenanya, komet juga sering disebut sebagai bintang berekor. Jadi, kalau ada pertanyaan apa yang dimaksud bintang berekor, jawabannya ya komet ini loh.

Ekor komet yang unik

Ekor komet ini pun juga memiliki sifat yang unik. Komet terus berputar mengelilingi matahari. Tapi, di saat berputar ini, komet tidak akan meletakkan ekornya mengarah atau mendekati matahari. 

Jadi, komet akan datang dengan mendekati matahari dengan kepalanya dulu dan meninggalkan matahari dengan ekornya dulu. Sederhananya, ekor komet selalu mengarah menjauh dari matahari. Apakah itu mendekati matahari atau meninggalkan matahari, ekor komet selalu menjauh dari matahari.

Jadi, kalau kamu melihat benda langit yang bercahaya terang seperti bintang, tapi memiliki ekor panjang dan arahnya menjauh matahari (walau biasanya terlihat saat malam, jadi saat itu mataharinya yang tidak terlihat), maka itulah yang disebut dengan “komet”.

Nah, sekarang sudah paham tentang apa itu komet khan?