Rabu, 10 Agustus 2016

Apa itu php?


Sering gak sih kamu mendengar seseorang berkata “ah, kamu php-in aku”; atau “aku paling sebel di- php”. Kosakata php memang sering muncul di kehidupan anak -anak muda masa kini yang gaul. Sebagian besar, tentu sudah akrab dengan php ini. 

Eits, tapi mungkin saja ada sebagian dari kamu yang masih belum paham, apa itu php? Tapi nih, kalau berbincang tentang php dan kamu mencari tahu apa itu php, maka artinya bisa ganda loh. Kosa kata php tidak hanya digunakan sebagai singkatan bahasa anak -anak gaul saja.

Php juga merupakan salah satu istilah yang dipakai sebagai bahasa komputer pemograman. Jadi, sebagian website mungkin akan menjelaskan arti kata php sebagai kosa kata anak gaul, dan sebagian lagi menjelaskannya dalam pengertian bahasa pemograman. Jangan bingung. Semua benar, tinggal pengertian php yang mana nih yang kamu maksud.

Php sebagai bahasa anak gaul

Nah, untuk arti kata php sebagai bahasa anak gaul, ini juga merupakan bentuk singkatan. Singkatan php adalah “pemberi harapan palsu”. Wah, pemberi harapan palsu? Maksudnya apa ya?

Biasanya sih, para pemuda akan mengaitkan “harapan” di sini dengan asmara atau cinta. Maklum, para remaja banyak yang masih digandrungi dengan cinta -cinta alay yang khas anak remaja. 

Jadi, seseorang yang disebut php adalah dia yang terlihat menaruh perhatian lebih kepada lawan jenisnya. Ya, bisa dibilang seperti ada “rasa” cinta dan kasih sayang istimewa begitu. Sayangnya, ternyata sikapnya itu tidak berarti demikian, alias palsu. 

Mungkin saja ia memang terbiasa bersikap manis dan perhatian dengan semua lawan jenis, atau dia memang senang, tapi hatinya sudah di lain tempat, atau tidak berani melangkah maju untuk menyatakan perasaan. Ya, rumit gitu lah kalau berbicara tentang perasaan para remaja.

Meski identik dengan asmara para remaja, tapi tidak menutup kemungkinan kalau istilah php dalam arti pemberi harapan palsu ini pun juga digunakan untuk merujuk arti lain ya. Semisal, guru yang memberikan harapan palsu akan nilai yang tinggi, kawan yang memberi harapan palsu akan mentraktir dan lain sebagainya.

Php dalam istilah pemrograman 

Nah, kalau maksud kamu adalah apa itu php dalam istilah pemrograman atau ilmu komputer, ini nih artinya. Jadi, PHP merupakan bahasa pemrograman script server-side yang dirancang untuk pengembangan website. 

Kepanjangan PHP di sini adalah “Hypertext Preprocessor”. Dalam istilah ilmu komputer, PHP juga dapat digunakan sebagai bahasa pemrograman umum atau wikipedia. Lantas, sederhananya, apa itu PHP ya? PHP adalah bahasa scripting web HTML-embedded.

PHP pertama kali dikembankan tahun 1995. Pengemban pertamanya adalah Rasmus Lerdorf. Sedangkan saat ini, php ini dikelola oleh The PHP Group. Wee ee ee, jadi ada juga loh, php group.

Lanjut ke pembhasan php, kode PHP yang ada ini dapat disisipkan ke dalam HTML halaman sebuah Web. Jadi, ketika ada halaman PHP diakses, maka kode PHP dibaca atau diuraikan oleh server. 

Kemudian, akan muncup output dari fungsi PHP pada halaman yang biasanya dikembalikan dalam bentuk kode HTML. Nah, kode html inilah yang dapat dibaca oleh browser. 

Namun, lantaran kode PHP diubah menjadi kode HTML sebelum halaman dibuka, maka para pengguna tidak dapat melihat kode PHP pada halaman ya. Hal ini nih yang membuat halaman PHP terbilang aman untuk mengakses database dan informasi aman lain.