Minggu, 11 September 2016

Apa itu Bumerang?

Ada yang suka bermain -main dengan sesuatu yang bisa terbang, dilempar- lembar dan bisa balik sendiri secara otomatis? Yap, itu loh bumerang. Tahu bumerang khan? Walau pun ada yang menganggapnya sebagai permainan, tapi bumerang ini sebenarnya bukan alat untuk bermain loh.

Lantas, apa itu bumerang ya? Penjelasannya sedehana sekali loh. Bumerang adalah senjata tradisional dari suku Aborigin di Australia. Senjata ini terbuat dari kayu datar yang melengkung.

Nah loh. Bumerang itu senjata loh ya. Senjata suku aslinya orang Australia itu loh. Tapi nih, bumerang ini memang dikenal ada dua jenis loh. Pertama adalah bumerang untuk perang dan kedua adalah bumerang untuk olahraga. 

Nah, mungkin bumerang untuk olahraga ini yang sering dianggap sebagai permainan ya? Sepertinya memang benar demikian. Sebab, bumerang perang suku Aborigin ini memang jenisnya tidak bisa kembali ke tangan pelemparnya. Berbeda dengan bumerang jenis satunya.

Bumerang olahraga sendiri dirancang khusus agar bisa kembali ke pelemparnya, dengan catatan bila bumerang ini tidak mengenai apa pun ya. Untuk Bumerang olahraga, biasanya dapat dibuat dari kayu apa pun yang panjangnya setengah meter.

Sedangkan untuk bumerang perang, biasanya dibuat lebih panjang yakni hingga dua kali lipatnya sehingga untuk melempar bumerang perang ini, dibutuhkan dua tangan. Hmm, sepertinya berat juga ya? 

So, sekarang sudah tahu apa itu bumerang? Belum tahu? Ya, mungkin nanti bisa coba bermain bumerang sendiri ya.