Minggu, 25 September 2016

Apa itu FDI?


Sering mendengar kata FDI? Bagi kamu yang kuliah di jurusan ekonomi, atau senang dengan berbagai hal terkait kegiatan ekonomi, harusnya kamu paham betul apa itu FDI. FDI ini adalah salah satu istilah yang sangat sering disebutkan dalam dunia ke-ekonomi-an.

Tapi nih, bagi yang belum tahu apa itu FDI, bukan berarti kamu ketinggalan jaman kog. Sebab, istilah ekonomi yang satu ini memang lebih sering mewarnai dunia ekonomi dari sisi teoritis pada anak -anak perkuliahan di jurusan terkait perekonomian.

Apa itu FDI?

Pengertian FDI sangatlah sederhana. FDI kepanjangan dari Foreign Direct Investment. Secara etimologi atau secara bahasa, Foreign Direct Investment ini artinya “investasi langsung asing”.

Dari sini, dapat dipahami kalau FDI adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor (pihak pemodal) yang asalnya dari luar negeri. Orang atau pihak yang menanamkan modal dari asing ini biasa disebut sebagai foreign investor atau investor asing atau penanam modal asing.

Biasanya, modal -modal yang ditanamkan oleh para penanam modal asing ini diarahkan untuk proyek -proyek fisik industri, perdagangan, jasa dan lain sebagainya yang memiliki potensi nilai keuntungan ekonomis yang tinggi.

Di Indonesia, FDI ini dikoordinasikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM. Jika dilihat, nilai FDI di Indonesia termasuk tinggi karena banyak sudah perusahaan -perusahaan atau pihak -pihak asing yang telah menanamkan modalnya di Indonesia.

Sebut saja PT. Freeport, Chevron, Petronas, Honda, Daihatsu, Unilever, Danone, Coca Cola, dan sederetan perusahaan asing lainnya. Sudah cukup banyak FDI yang menancap dengan kuat di Indonesia.