Senin, 19 September 2016

Apa itu Zat Besi?


Bagi kamu yang sangat tertarik dengan dunia gizi dan kesehatan, pasti kamu sudah paham betul tentang apa itu zat besi bukan? Tapi, masih adakah di antara kamu yang belum paham tentang zat besi yang kabarnya sangat penting bagi tubuh ini?

Eits, zat besi ini beda dengan besi loh ya. Tentu saja, arti zat besi ini sama sekali tak ada hubungannya dengan logam besi. Jadi, jangan dikira zat besi adalah zat yang terkandung dalam logam besi. Hmm, bahaya.

Jadi, zat besi adalah salah satu zat gizi penting bagi tubuh. Zat besi ini dianggap sangat penting bagi pertumbuhan anak -anak dan juga ibu hamil untuk janinnya. Bagi anak -anak, zat besi berperan penting dalam mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang optimal.

Bagaimana jika kekurangan zat besi?
Bila kekurangan zat besi, maka hal paling umum yang dapat terjadi adalah kondisi 5L. Apa itu 5L? 5L dalam hal ini adalah Lemah, Letih, Lesu, Lelah, Lalai. Duh, 5L adalah semua hal buruk bagi kesehatan ya?

Jadi, ketika zat besi yang dibutuhkan tubuh kurang, maka kita bisa jadi kurang bersemangat dan bahkan moody. Bagi anak, ia mungkin akan jadi mudah menangis. Selain itu, kekurangan zat besi juga mengakibatkan pertumbuhan terhambat pada anak -anak. Jadi, pertumbuhannya tidak bisa maksimal alias lebih pendek dari seharusnya potensi tinggi yang dimilikinya.

Kekurangan zat bsei juga membuat kita mudah tertular penyakit lantaran daya tahan tubuh yang minim. Sebab, zat besi juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh kita sehingga tubuh kita sehat dan tidak mudah tertular penyakit.

Di mana bisa menemukan zat besi?
Kita bisa menemukan zat besi di daging maupun sayuran. Di antaranya ada daging merah, sayur mayur, kacang -kacangan dan lainnya.

Tapi, ada perbedaan dari zat besi yang didapat dari sayur dan daging. Jika zat besi dari daging lebih mudah diserap oleh tubuh, sedangkan zat besi dari sayuran lebih sulit diserap oleh tubuh.