Jumat, 09 September 2016

Siapa Penemu Mesin Tik?


Kalau jaman sekarang, sepertinya para anak muda gaul atau pun para pelajar yang sibuk dengan proses pembelajarannya, hampir tak pernah melewatkan hari tanpa mengetik ya? Entah itu sekedera mengetik di layar hape untuk mencari info pelajaran, atau mengetik di keyboard komputer dan leptop untuk mengerjakan tugas.

Tapi, tahu gak sih kalau dulu sebelum pengetikan menggunakan komputer ini populer, apa yang biasa digunakan orang -orang untuk menghasilkan tulisan cetakan yang rapi? Yap! Mesin tik alias mesin ketik.

Mesin ketik adalah cikal bakal dari mesin komputer modern atau pun leptop saat ini. Bedanya, mesin tik dioperasikan dengan cara yang masih manual, tanpa listrik dan tanpa layar. Pernah lihat mesin tik donk khan?

Mesin ketik ini sebetulnya tidak begitu jadul alias jaman dulu. Sebab, di tahun 2000an, mesin tik masih cukup populer digunakan. Bahkan, sekarang ini masih ada juga kantor -kantor yang masih memanfaatkan mesin tik untuk mendukung kegiatan surat menyurat yang dilakukannya loh.

Nah, pertanyaannya sekarang nih, siapa penemu mesin tik? Harus tahu donk siapa penumu mesin ketik ini setelah kita berbicara panjang mengenai mesin tik. Haio, ada yang tahu?

Okay, jawabannya, penemu mesin tik adalah seorang insinyur dari Inggris yang bernama Henry Mills. Hendy Mills si penemu mesin ketik ini mendapatkan patennya untuk mesin ciptaannya ini dit ahun 1714.

Mesin tik memiliki fungsi utama untuk menekan huruf ke kertas. Ini nih cikal bakal pertama dari mesin tik modern saat ini. Lalu, selama 150 tahun dari penemuan mesin tik pertama ini, para ilmuwan lain berusaha untuk menciptakan dan menyempurkan penemuan mesin untuk menulis ini.

Namun, baru di tahun 1873, sebuah pelopor mesin tik modern baru bisa diperkenalkan. Para pembuatnya adalah Christopher Latham Sholes, Carlos Glidden dan Samuel Soule. Setelah sukses menciptakan penemuan baru yang mereka anggap hebat, mereka pun memaksa Remington Compnay untuk memproduksi mesin rancangan mereka ini.

Bak gayung bersambut, Remington Company ternyata menyetujuinya dan membuat kesepakatan dengan tiga penemu ini. Mesin tik modern buatan mereka pun mulai diproduksi masal dan dipasarkan setahun kemudian.