Sabtu, 15 Oktober 2016

Apa Arti Peribahasa Bagai Pinang Dibelah Dua?


Bahasa Indonesia memang kaya akan berbagai peribahasa menarik. Aneka peribahasa ini pun tidak hanya muncul dalam pelajaran saja loh. Terkadang, dalam percakapan sehari -hari atau pun dalam berita -berita yang disajikan di televisi maupun surat kabar, ada juga sisipan aneka peribahasa yang populer.

Dengan menyisipkan peribahasa -peribahasa populer ini, maka kalimat bisa jadi lebih indah, menarik dan berkesan. Nah, salah satu peribahasa menarik yang sering muncul dan dipakai adalah bagai pinang dibelah dua.

Bagai pinang dibelah dua
Tahu buah pinang? Yap, buah yang bentuknya ya bisa dibilang agak -agak mirip kurma gitu. Bentuknya bulat dan khas. 

Buah ini nih yang dimaksud dalam peribahasa “bagai pinang dibelah dua”. Peribahasa ini berarti dua orang yang sangat mirip sampai sulit sekali untuk dibedakan. Umumnya, kemiripan ini memang merujuk pada kemiripan dari segi fisik ya.

Jadi, tak heran kalau biasanya, peribahasa ini digunakan untuk menunjuk orang -orang yang kembar identik. Jika kamu mempunyai kembaran yang sangat mirip dengan kamu, bisa dibilang kamu dan saudara kembarmu itu bagai pinang dibelah dua gitu.

Meski biasanya digunakan untuk merujuk kemiripan antar para saudara -saudara yang kembar, tapi peribahasa ini tak selalu melulu digunakan untuk itu saja ya. Ada kalanya, saudara yang tidak kembar juga terlahir dengan rupa fisik yang begitu mirip. Kalau begitu, bisa juga tuh dua saudara itu juga disebut bagai pinang dibelah dua.

So, sudah paham khan?