Selasa, 11 Oktober 2016

Apa itu cover letter?


Bagi kamu yang sudah sering melamar pekerjaan, kamu tentu sudah sangat mengenal tentang cover letter bukan? Hmm, tapi biasanya sih cover letter ini dibutuhkan untuk lamaran pekerjaan yang kelas tingkat tinggi di perusahaan -perusahaan bergengsi dengan kaulifikasi yang tinggi pula. 

Kalau lamaran pekerjaan biasa sih, biasanya jarang yang meminta cover letter ini. Selain sering digunakan dalam hal urusan lamar melamar pekerjaan, cover letter juga sering diminta sebagai salah satu persyaratan pengajuan beasiswa, khususnya beasiswa untuk luar negeri.

Hmm, ngomong -ngomong tentang cover letter, kamu sudah tahu belum sih soal apa itu cover letter? Bagi yang baru berkecimpung dalam dunia lamaran pekerjaan atau lamaran beasiswa, kamu mungkin masih bingung ketika diminta untuk mengumpulkan cover letter. Sebab, saat sekolah menengah atas dan sederajat atau saat kuliah, sepertinya pelajaran membuat cover letter ini jarang atau bahkan tidak pernah diberikan.

Pantas saja kalau banyak yang tidak tahu bagaimana cara membuat cover letter yang baik dan benar, bahkan ada juga yang masih bingung, apa sebenarnya yang dimaksud dengan cover letter. Padahal, mengetahui apa itu cover letter dan bagaimana cara membuatnya adalah hal yang penting loh.

Apa itu cover letter?

Okay, langsung saja ya kita jelaskan apa itu cover letter. Secara sederhana, cover letter adalah surat pengantar. Hmm, tapi ini surat pengantar tentang diri kamu ya. 

Artinya, cover letter ini berisi tentang penjelasan mengenai diri kamu yang terkait dengan kecapakan, pengalaman, ketertarikan, motivasi dan hal lainnya yang kamu milki yang mendukung serta sesuai dengan yang dibutuhkan dalam pekerjaan atau pun beasiswa yang sedang kamu targetkan. 

Cover letter juga bisa dikatakan sebagai surat yang berisi pengenalan atau salam pembuka tentang diri si pelamar yang ditujukan khusus untuk sang pembaca lamaran. Jadi, cover letter ini bukan pengganti surat lamaran kerja, melainkan sebagai pelengkap dari surat lamaran kerja yang dibuat.

Elemen dasar penting dalam cover letter

Nah, sekalian belajar sedikit tentang cara membuat cover letter ya. Jadi, untuk membuat cover letter yang baik dan benar, kamu harus membuatnya semenarik mungkin. Intinya sih seperti menjual diri. Tapi menjual diri dalam arti yang positif loh ya. Yakni menampilkan keunggulan diri agar sang pencari kerja tertarik dengan diri kamu.

Nah, agar cover letter ini bisa menarik, ada elemen dasar penting yang perlu ada dalam cover letter. Apa saja? Ini dia :

1. Greeting 
Salam atau sapaan dalam cover letter harus diberikan secara khusus, bagi si pembaca lamaran. Jangan buat secara umum, melainkan fokuskan pada pihak siapa yang kamu tuju.

2. Opening
Pembukaan harus ditulis secara personal pula. Buat paragraph pembuka yang menegaskan tentang kecakapan kamu yang terkait dengan pekerjaan yang dilamar (atau beasiswa). 

3. Hook
Berikan sorotan terhadap pencapaian yang pernah kamu dapatkan terkait dengan pekerjaan yang dilamar.

4. Skills
Tunjukkan kecakapan ekstra yang kamu miliki terkait dengan kebutuhan akan pekerjaan yang dilamat.

5. Close
Berikan gambaran besar tentang kekuatan kamu sebagai kandidat yang terbaik. Sertakan pula informasi kontak kamu.

Tugas utama cover letter adalah merayu si pencari kerja dan menunjukkan bahwa kamulah candidat yang terbaik dan paling tepat untuk mengisi posisi yang mereka butuhkan.