Selasa, 05 Mei 2020

Apa Kepanjangan DAK?


Pernah mendengar tentang DAK? Sudah tahu apa kepanjangan DAK? Istilah atau singkatan ini sering muncul pada berbagai pembahasan mengenai anggaran loh ya. Utamanya, DAK sering dibahas dalam sebuah konsep umum terkait pendapatan negara. 

Bagi para politikus wajib tahu nih apa itu DAK. Bagi yang sedang belajar ekonomi, hukum, administrasi negara, dan bagi para warga negara yang baik, mengetahui apa itu kepanjangan DAK juga penting nih.

Apa itu DAK?

Jadi DAK adalah kepanjangan dari Dana Alokasi Khusus. Maksud dari Dana Alokasi Khusus ini adalah uang yang bersumber dari pendapatan anggaran pendapatan belanja negara, yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Nah loh, bingung gak tuh tentang pengertian DAK? Gak ruwet khan? Pada intinya, DAK itu adalah masalah dana yang sumbernya dari anggaran pendapatan belanja negara alias uang pemerintah nasional. Tapi, diberikan kepada daerah -daerah tertentu saja. Tujuannya, agar uang tersebtu digunakan untuk mendanai kegiatan daerah. 

Soal penentuan daerah dan kegiatan yang berhak dan bisa mendapatkan Dana Alokasi Khusus ini tetap disesuaikan dengan prioritas nasional yang ditentukan dalam perundang -udangan loh yah.

UU No. 32/ 2004 Pasal 162 (1)

Ada juga pasal -pasal atau ayat yang terkait langsung dengan ketentuan ini. Misalnya, pada UU No. 32/ 2004 Pasal 162 (1). Sebagaimana pula yang dimaksudkan dalam pasal 159 huruf c, DAK ini dialokasikan dari anggaran nasional kepada daerah tertentu dalam rangka pendanaan pelaksanaan desentralisasi, untuk :
• Mendanai kegiatan khusus yang ditentukan pemerintah atas dasar prioritas nasional.
• Mendanai kegiatan khusus yang diusulkan daerah tertentu.

Besaran DAK
Lantas, berapa ya besaran DAK ini? Kalau merujuk pada UU No. 33/ 2004 Pasal 39 (1), besaran DAK ini ditetapkan setiap tahun dalam anggaran pendapatan belanja negara. Jadi ya, tergantung penetapannya ya.

Hmm, bagaimana? Sudah jelas dan paham soal apa itu DAK? Apa kepanjangan DAK? Semoga artikel yang sepele ini bisa bermanfaat besar ya. 

Jangan lupa tengok, apa itu DAU di sini …