Kamis, 17 November 2016

Apa itu Paleontologi?


Kalau kata biologi, geografi, sosiologi, ekologi, dan sederet nama serupa, kamu mungkin sudah paham dan sering mendengarnya ya? Ini adalah sederetan nama -nama ilmu atau kajian ilmu yang mempelajari berbagai bidang tertentu.

Selain beberapa nama populer yang disebutkan tadi, ternyata ada juga loh yang disebut dengan paleontologi. Lalu, apakah kamu juga sudah cukup akrab dengan kata “paleontologi?” Bagi para akademisi, mengetahui apa itu paleontology alias paleontologi adalah hal penting nih. Memangnya, apa ya yang dimaksud dengan paleontologi ini?

Pengertian Paleontologi
Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masa lalu geologi atau bumi yang di dalamnya melibatkan analisis terhadap fosil tanaman dan juga hewan, termasuk dalam ukuran mikroskopisnya yang diawetkan dalam batu.

Duh, rumit gak sih? Jadi, paleontologi pada intinya mempelajari kehidupan masa lalu yang dikaitkan dengan semua aspek biologi dari kehidupan purba. Itu saja. Di dalamnya meliputi kajian tentang bentuk, struktur, pola evolusi, distribusi geografis, hubungannya dengan lingkungan, hubungan taksonomi antara satu spesies dengan spesies lain, juga hubungannya dengan spesies di kehidupan modern ini.

Pada dasarnya, paleontologi saling bergantung dengan stratigrafi dan geologi sejarah. Ini karena fosil yang digunakan dalam ilmu ini sama -sama merupakan sarana utama dengan strata sedimen yang diidentifikasi dan berkorelasi satu sama lain.

Peran paleontologi dalam kehidupan
Paleontologi merupakan suatu ilmu yang memegang peran penting dalam merekonstruksi sejarah bumi loh. Dari kajian yang dilakukan dalam bidang ilmu ini, telah didapatkan banyak bukti yang mendukung teori evolusi.

Data dari penelitian paleontologi pula, para ahli geologi minyak bumi juga dapat terbantu dalam menemukan deposit minyak dan juga gas alam. Bahkan, dari ilu ini pula kita bisa memahami mengenai terjadinya bahan bakar fosil yang banyak dimanfaatkan saat ini. Bahan bakar ini sering dikaitkan dengan keberadaan sisa - sisa daro bentuk kehidupan kuno tertentu bukan?

Awal Mula Penelitian Paleontologi
Penelitian paleontologi ini sudah mulai dilakukan sejak lama. Tepatnya, paleontologi mulai berkembang di tahun 1800-an. Sejarah paleontologi ini dimulai pada tahun 1815, ketika seorang ahli geologi Inggris bernama William Smith menunjukkan nilai dengan menggunakan fosil untuk studi strata.

Lalu, pada rentang waktu yang sama, seorang ahli zoologi Perancis bernama Georges Cuvier juga memulai studi bandingnya. Ia membandingkan struktur hewan yang hidup dengan sisa-sisa fosil yang ditemukan di masa lalu. Penelitian -penelitian inilah yang kemudian mengawali cabang ilmu baru berupa paleontologi.